Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Virus Shortcut di Flashdisk dan Komputer

Virus dalam teknologi komputer adalah program yang memiliki kemampuan untuk mereplikasi dan menyebarkan atau mengintegrasikan dirinya ke dalam program dan informasi lainnya. Pengguna sering tidak tahu apakah perangkat mereka terinfeksi.

Virus komputer juga datang dalam berbagai bentuk dan salah satu yang paling umum adalah virus hubung singkat. Virus berumur pendek ini sering menyebabkan serangan atau serangan komputer palsu jangka pendek. Virus sering menyembunyikan file dalam sekejap dan menggantinya dengan klip palsu.

Kehadiran virus ini tidak berbahaya bagi perangkat Anda. Namun, kemunculannya di flash drive dan komputer menyebabkan file tersembunyi dan dapat mengubah data menjadi pintasan. Kemudian bagi pengguna yang belum paham pasti khawatir dan mengira file-file tersebut hilang atau terhapus.

Fitur Perangkat Pintasan Influenza

Virus shortcut sebenarnya hanya menyerang komputer atau laptop saja. Tidak, jika Anda menemukan virus shortcut ini di flash drive, Anda sebenarnya telah menginstal flash drive di laptop atau komputer Anda dan lupa menonaktifkannya. baru sebelum mengeluarkannya dari komputer.

Di bawah ini adalah ciri-ciri flashdisk dan komputer yang terkena virus shortcut :

  • Cara pintas virus biasanya membuat file induk bernama database.mdb. File ini biasanya ditemukan di folder MyDocuments
  • Ada file autorun.inf di setiap mobil dan folder di laptop atau komputer Anda.
  • Tentu saja, ada file pintasan palsu.
  • Virus juga membuat file bernama thumb.db (bukan file thumbs.db). Virus shortcut juga membuat file microsoft.ink dan file dengan ekstensi .ink ke folder dan drive perangkat.
  • Ada file aplikasi bernama wscript.exe yang berfungsi di laptop atau desktop Anda.

Nah, jika Anda memiliki flash drive dan komputer Anda terkena virus pendek, silakan baca komentar di bawah untuk memperbaikinya!

Cara Menaklukkan Virus Shortcut di Flashdisk

Proses penanganan lampu yang terkena virus shortcut terkadang sederhana dan terkadang sulit. Ini tergantung pada sifat masalah yang berbeda, meskipun hanya ada satu masalah, yaitu paparan virus hubung singkat. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena di sini Anda akan menemukan tips untuk mengatasinya.

Jadi, silahkan simak tipsnya di bawah ini, ya!

Menggunakan Command Prompt

Command Prompt sebenarnya adalah alat multi-perintah, di mana ada banyak perintah konfigurasi sistem yang dapat Anda gunakan. Salah satu petunjuk ini dapat digunakan untuk mengalahkan virus shortcut.

Berikut cara melakukannya:

  1. Tekan tombol campuran Windows + R untuk membuka jendela Jalankan.
  2. Di jendela ini, silakan ketik cmd lalu Masuk.
  3. Anda kemudian akan dibawa ke jendela Command Prompt, di jendela ini silakan ketik perintah CHKDSK / R / F E: lalu tekan Enter.
  4. Tunggu beberapa saat, hingga proses selesai. Character Pada perintah di atas, silahkan sesuaikan dengan flashdisk yang sudah anda install di komputer atau laptop anda.
  5. Selanjutnya, silakan ketik attrib -h -r -s / s / d *.* di baris perintah baru dan tekan Enter.
  6. Ini sudah berakhir. Silahkan cek detail di flashdisk anda, seringkali untuk flash ini akan kembali normal.

Selain itu, jika cara di atas tidak bisa mengatasi flash disk yang terkena virus shortcut, coba ubah perintahnya menjadi nomor 5. attrib -s -r -h *.* / s / d / l lalu tekan Enter.

Menggunakan Aplikasi EaseUS

EaseUS Data Recovery adalah alat pemulihan data yang mudah digunakan, dan memungkinkan Anda memulihkan data atau file yang tidak dapat ditemukan di flash drive. Software ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki dan mengembalikan data ke flashdisk yang menjadi shortcut.

Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Pertama-tama, silakan uninstall perangkat EaseUS terlebih dahulu. Anda dapat mengunduhnya dengan tautan ini.
  2. Setelah unduhan selesai, silakan instal perangkat seperti biasa.
  3. Jika sudah, silahkan hubungkan flashdisk tersebut ke laptop atau komputer anda. Tunggu sampai flash dibaca.
  4. Selanjutnya, buka perangkat EaseUS, dan Anda akan dibawa ke halaman aplikasi utama.
  5. Kemudian pilih drive atau partisi tempat flash drive Anda dibaca.
  6. Setelah itu, EaseUS akan memeriksa flash drive Anda sendiri.
  7. Tunggu hingga proses selesai, selanjutnya hanya perlu mengembalikan file yang dipersingkat.
  8. Ini sudah berakhir. Silakan coba untuk melihat file dalam flash.

Format Flashdisk

Langkah terakhir adalah memformat flashdisk. Hal ini dilakukan ketika Anda sudah mencoba cara-cara di atas tetapi belum berhasil mengatasi virus shortcut tersebut. Cara lain untuk memformatnya adalah dengan menggunakan HDD Low Level Format.

HDD Low Level Format adalah alat format disk yang sangat kami rekomendasikan. Karena dengan ini kamu bisa membersihkan flashdisk atau disk lain di luar akarnya. Jadi memasukkan sepotong virus ke dalam flashdisk juga akan hilang.

Jadi, inilah cara melakukannya:

  1. Pertama, silakan cari di dalam alat Format Tingkat Rendah HDD pencari. Atau bisa kunjungi linknya disini.
  2. Cabut perangkat.
  3. Setelah Anda mengunduh perangkat HDD Low Level Format, silakan instal perangkat seperti biasa.
  4. Jika sudah, silahkan buka tool HDD Low Level Format.
  5. Selanjutnya, setelah menginstal halaman utama aplikasi, silakan pilih disk penyimpanan atau flash yang ingin Anda format, lalu klik Melanjutkan.
  6. Maka Anda hanya perlu mengikuti panduan konfigurasi yang tercantum dalam aplikasi.
  7. Prosesnya biasanya memakan waktu beberapa menit tergantung pada kemampuan dan banyak data di flash drive Anda.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Laptop

Tentunya jika kita pernah membahas cara mengatasi virus shortcut di flashdisk, tidak mungkin kita tidak membahas cara mengatasi virus shortcut di laptop atau komputer. Karena tentunya virus shortcut di flashdisk juga hadir karena terinfeksi virus korsleting di laptop atau komputer.

Nah, makanya kamu juga perlu membersihkan virus shortcut di komputer atau laptop kamu dan mencegahnya kembali lagi. Bagaimana melakukannya lagi tidak sulit, juga tidak perlu keterampilan spesial. Agar tidak bingung, silahkan simak cara-caranya di bawah ini!

Dengan Sistem Pengorganisasian

Konfigurasi Sistem adalah alat yang tersedia di sistem operasi Windows, yang sering digunakan untuk mendeteksi masalah komputer. Terutama ketika perangkat tidak dapat memulai dengan benar.

Selain itu ternyata Sistem Operasi juga bisa digunakan untuk mendeteksi virus short di komputer atau laptop lho.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, ketuk tombol campur Windows + R untuk membuka jendela Jalankan.
  2. Jika demikian, silakan ketik msconfig di bagian Buka.
  3. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman “Konfigurasi Sistem”. Di jendela ini, tekan tombol MEMULAI.
  4. Kemudian klik Opsi Buka Pengelola Tugas.
  5. Kemudian, di menu mulai, cari kvasyoxww.vbs.
  6. Klik kanan file, dan pilih Berhenti.
  7. Ini sudah berakhir. Biasanya dengan cara ini virus yang ada di dalam laptop atau komputer akan hilang.

Dengan Paket% temp%

Folder sementara atau temporary folder adalah folder khusus dan sementara yang digunakan untuk menyimpan file-file tertentu. Pada dasarnya, secara anonim mempersingkat file atau virus yang mempersingkat komputer atau laptop. biasanya disimpan dalam paket sementara (% temp%).

Itu sebabnya Anda harus menghapus virus shortcut menggunakan% temp%. Untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Jenis berikutnya % suhu% lalu tekan Enter.
  3. Setelah itu folder sementara akan terbuka. Di sini, silakan temukan filenya kvasyoxww.vbs.
  4. Jika Anda menemukannya, silakan pilih folder dan klik kanan Menghapus.
  5. Hilang, virus yang menyerang perangkat Anda hilang.

Nb: Gambar diatas hanya ilustrasi, dan folder yang kita pilih bukan kvasyoxww.vbs. Ini karena perangkat saya belum terkena virus kronis.

Bagaimana mencegah virus Shortcut memasuki perangkat

Nah, setelah diperbaiki maka Anda harus mencegah perangkat terkena virus shortcut lagi. Karena virus muncul dan menyerang tanpa disadari, lebih baik mencegah hal ini terjadi lagi daripada bekerja keras untuk memperbaikinya setelah virus-perhatian jalan singkat.

Apalagi jika Anda pernah terkena virus short, ada kalanya data atau file yang telah diserang tidak dapat disimpan. Untuk mencegahnya, ada banyak tips yang bisa Anda lakukan. Diantara mereka:

  1. Selalu nyalakan antivirus secara real time agar ketika ada virus yang menyerang bisa langsung diatasi dan dihilangkan oleh antivirus.
  2. Yang kedua adalah mematikan fitur autorun. Karena jika sifat ini masih ada, terkadang bisa menyebabkan virus menyerang cahaya tanpa disadari.
  3. Scan file di komputer atau laptop Anda sesering mungkin, untuk menghindari serangan virus dan malware.
  4. Jika Anda ingin menyalin file, yang terbaik adalah memeriksa file terlebih dahulu sebelum menghubungkan flash drive dan kemudian menyalin file ke sana.

Ini mungkin semua tips untuk mencegah perangkat terkena virus jangka pendek. Tentu saja, ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Namun, jika Anda melakukan semua hal di atas, saya pikir itu sudah cukup untuk mencegah virus jangka pendek dan virus lain menyerang perangkat Anda.

Kata terakhir

Mungkin artikel pertama dalam seri ini tentang cara mengatasi virus shortcut di flash drive dan komputer yang bisa Anda coba gunakan. Metode yang saya sebutkan di atas berfungsi karena diuji oleh banyak pengguna.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk menghilangkan virus shortcut di flashdisk dan komputer. Terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-virus-shortcut/