Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menangkan Single Cursor di Laptop atau PC

Indikator atau pointer adalah indikator unik pada layar monitor yang digunakan oleh program sebagai indikator atau yang berfokus pada interaksi antara pengguna dan program.

Manusia secara umum dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kursor teks dan kursor mouse. Teks adalah indikasi di mana teks akan ditempatkan, biasanya dalam garis lurus.

Meskipun penunjuk tetikus adalah perangkat penunjuk komputer yang digunakan untuk memilih program. Kursor biasanya berbentuk seperti panah dan dapat digerakkan menggunakan mouse.

Cara Menaklukkan Awan dan Berjalan Sendiri

Apakah Anda memiliki masalah ketika kursor bergerak dengan sendirinya? Ya, saya telah melihatnya sendiri. Kursor bergerak dengan lancar dan menyulitkan saya untuk mengarahkannya untuk mengklik apa yang saya inginkan, dan kemudian mengklik sesuatu yang lain.

Masalah ini pasti akan membuat Anda merasa kesal dan marah. Misalnya, kursor bergerak secara otomatis saat Anda memainkan game FPS. Hal ini tentu sangat meresahkan, karena akan membuat permainan kamera gaming menjadi tidak stabil.

Tentu saja banyak kemungkinan indikator di laptop atau komputer Anda bergerak secara otomatis. Bisa jadi karena mousenya rusak, konektornya putus, atau karena catu daya yang kuat.

Nah, di bawah ini kami akan memberikan banyak cara untuk menangani satu kursor yang bergerak di laptop atau PC Anda.

Periksa Pengisi Daya Laptop

Jika kursor otomatis bergerak saat Anda mengisi daya laptop, penyebabnya mungkin adalah pengisi daya yang Anda gunakan. Biasanya biaya yang berlaku bukan biaya awal.

Daya yang dihasilkan oleh pengisian awal atau reguler pada pengisian daya laptop yang tidak masuk sangat berbeda. Ini membuat tegangan pengisi daya lebih besar dari yang dibutuhkan laptop Anda.

Jadi, untuk mengatasi kursor otomatis karena ini, jangan mengisi daya laptop Anda saat digunakan, atau Anda juga dapat mengganti pengisi daya asli. Silahkan kunjungi toko komputer atau bisa juga ke toko online dari produsennya.

Lihat Mousepad (Alas Mouse)

cara memperbaiki indikator tidak bergerak

Langkah kedua ini juga bisa terjadi, coba lihat mousepad yang Anda gunakan, dan silahkan bersihkan mousepad Anda. Karena seringkali mousepad yang kotor dapat membuat sensor mouse tidak stabil, dan menyebabkan kursor bergerak sendiri.

Proses pembersihannya sederhana, Anda bisa mencuci mousepad menggunakan sabun kecil, dan merendamnya dalam air. Selain itu, Anda dapat membersihkan mousepad dengan menggunakan pembersih lalu menyekanya.

Lihat Status Tikus

proses memperbaiki indikator yang bergerak sendiri

Sinyal di laptop atau PC Anda mungkin disebabkan oleh masalah mouse, baik karena rusak dan perlu diganti, atau karena konektornya bermasalah. Perhatikan baik-baik mouse yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan mouse jaringan, masalah yang paling umum adalah kabel mouse terjepit, sehingga membuat gerakan mouse tidak stabil. Atau koneksi USB ke mouse Anda mungkin rusak.

Jika Anda menggunakan mouse nirkabel, masalahnya biasanya pada konektor USB yang salah, masalah baterai, atau mungkin karena ada mouse nirkabel lain yang berjalan pada waktu yang sama.

Anda tahu cara memperbaikinya, jika kabelnya terjepit atau terpuntir Anda hanya perlu meluruskannya. Jika mouse atau konektor USB rusak, kami tidak dapat merekomendasikannya tanpa menggantinya.

Hapus Trackpad

Saat menggunakan mouse, Anda harus mematikan trackpad laptop untuk sementara. Karena dengan cara ini Anda dapat membuat kursor di laptop ponsel Anda sendiri. Apalagi jika trackpad laptop Anda rusak.

Cara mematikan trackpad menggunakan kombinasi tombol pada setiap jenis laptop memiliki pendekatan yang berbeda. Anda dapat membaca tabel di bawah ini dan silahkan sesuaikan dengan jenis laptop Anda.

Merek Laptop Tombol Komponen
Mac Fn + F2
asus Fn + F3 / F7 / F9
Dell Fn + F7
Lenovo Fn + F6
toshiba Fn + F9
tanaman Acer Fn + F7

Restart Laptop atau PC

Masalah dengan kursor yang bergerak dengan sendirinya bukan hanya mouse. Mungkin kursor bergerak sendiri yang disebabkan oleh sistem operasi yang salah. Apalagi jika Anda menggunakan laptop untuk melakukan banyak hal dalam jangka panjang.

Jadi, jika terjadi kesalahan pada sistem, Anda dapat me-restart laptop atau PC Anda. Yang terbaik adalah menutup lantai dan membiarkannya selama beberapa menit, lalu membukanya lagi.

Mengatur nada

Peluang berikutnya yang membuat indikator di laptop atau PC anda hilang dengan sendirinya adalah karena pemahaman pointer yang terlalu tinggi. Sehingga bisa membuat kursor tidak stabil dan bergerak dengan sendirinya.

Berikut cara memperbaiki pointer satu arah dengan menyiapkan konsep pointer:

  1. Di menu Mulai, ketik dan tekan Panel kendali.
  2. Setelah tab baru muncul, silakan pilih Perangkat keras dan Suara.
  3. Sejumlah opsi muncul di menu, silakan pilih Mouse di bawah Alat dan Printer.
  4. Jika demikian, sebuah tab akan muncul Indikator Opsi. Silahkan atur kecepatan atau pemahaman indikator sesuai keinginan.
  5. Ini sudah berakhir.

Pembaruan Driver Mouse

Selain mengatur titik pointer, kamu juga bisa memperbaiki driver mouse yang kamu gunakan. Karena terkadang driver yang tidak diupgrade akan membuat sinyal stabil dan hilang.

Berikut cara memperbarui driver mouse:

  1. Buka menu start, lalu di kolom pencarian, silakan ketik Pengaturan perangkat.
  2. Klik dua kali pada menu.
  3. Setelah itu akan muncul tab baru, silahkan pilih Tikus dan perangkat penunjuk lainnya.
  4. Klik kanan pada mouse yang Anda gunakan, dan pilih Peningkatan Pengemudi.
  5. Kemudian pilih opsi Temukan drivernya sendiri. Kemudian, ikuti prosedur di bawah ini.
  6. Ini sudah berakhir.

Servis Laptop atau PC

Jika cara diatas sudah anda coba namun kursor pada laptop atau PC anda bergerak dengan sendirinya, maka ada kemungkinan ada bagian dari laptop atau PC anda yang rusak.

Biasanya pada PC masalahnya ada di port USB atau power supply yang dayanya tidak stabil. Untuk laptop, masalahnya biasanya dengan kabel penghubung trackpad yang mengarah ke motherboard atau port USB.

Cara mengatasi indikator otomatis berpindah ke laptop atau pc karena masalah paling sederhana adalah dengan membawa laptop atau pc anda ke service center komputer terdekat agar bisa dipantau lebih lanjut.

Nah, itulah cara mengatasi indikator di laptop atau PC yang berjalan dengan sendirinya. Selamat mencoba metode yang kami tawarkan, dan semoga berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-kursor-bergerak-sendiri/