Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat OS Windows Portable dengan Flashdisk

OS Windows adalah salah satu sistem operasi paling populer di dunia. Ada beberapa versi OS Windows, antara lain Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan kemudian ada versi baru, Windows 11.

Meskipun Windows merupakan OS yang cukup terkenal, terkadang OS Windows dapat menimbulkan masalah yang cukup berarti dan masalah tersebut dapat muncul sewaktu-waktu. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan OS portabel dengan harapan hal ini akan terjadi.

Sedangkan untuk portable OS-nya ternyata masih banyak yang belum tahu cara membuatnya, padahal portable OS ini akan jauh lebih baik lho. Misalnya, jika Windows kita tidak dapat dijalankan, maka jika ada OS portabel, kita akan dapat melakukan berbagai langkah perbaikan.

Penggunaan OS Windows Portabel

Seperti yang saya sebutkan di atas, penggunaan portable OS adalah untuk mengantisipasi masalah Windows dan sebagai salah satu langkah atau media untuk melakukan perbaikan. Namun selain itu masih banyak kegiatan lainnya, antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai ukuran kinerja sistem
  • Pemisahan agen
  • Peralatan pencitraan
  • Seperti klon disk
  • Seperti halnya instalasi boot ganda
  • Seperti halnya media cadangan
  • Alat pemulihan
  • Alat BIOS & MBR
  • Sebagai cara untuk menjaga ketertiban
  • Alat penginstalan OS
  • jj.

Dibandingkan dengan di atas, sebenarnya dalam praktiknya, OS portabel dan Hiren Boot hampir identik.

Cara membuat OS Windows Portable dengan Flashdisk

Bagaimana cara membuat OS Windows portabel pada flash drive? Tentu saja, ada banyak metode yang dapat Anda gunakan untuk membuat OS portabel, tetapi Anda harus menggunakan alat pihak ketiga. Karena Windows sendiri tidak menyediakan fitur untuk membuat OS tersebut portable.

Pada artikel ini kami memberikan tutorial cara membuat OS portable menggunakan USB Installer dan menggunakan WinToUSB. Permintaannya adalah bootloader alam semesta yang dapat digunakan pada beberapa boot DOS, Linux, Windows, dan sistem operasi lainnya.

Jadi bagaimana itu digunakan? yuk simak ulasannya di bawah ini!

Menggunakan Penginstal USB

Alat USB Installer sudah dikenal sebagai alat yang digunakan untuk membuat OS portabel. Alat ini mudah digunakan, jadi kami merekomendasikan aplikasi ini sebagai satu atau lebih OS portabel.

Silakan lihat langkah-langkah untuk melakukannya di bawah ini!

# 1. Konfigurasikan Media untuk membuat OS Portabel

Langkah pertama, Anda harus memperbaiki alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat OS portabel. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • Flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB
  • Sistem operasi Windows / Linux dengan ekstensi .iso (Anda dapat menemukannya secara online)
  • Perangkat Lunak Penginstal USB Universal

# 2. Jalankan Penginstal USB

Jika Anda sudah menyiapkan semua alat di atas, silakan buka dan kirimkan aplikasi perangkat USB di laptop atau komputer Anda. Jika sudah, Anda akan menemukan kotak dialog Perjanjian lisensi yang harus diterima dengan mengklik opsi saya setuju.

# 3. Pilih Penginstal OS

Kemudian silahkan pilih alat OS yang akan Anda lakukan sebagai sistem flash portabel. Saya akan memberikan contoh dalam ulasan ini, yang akan digunakan oleh Perangkat OS Windows 10 sebagai OS portabel, Anda hanya perlu memilih opsi itu di langkah 1.

# 4. Cari file .iso

Langkah selanjutnya adalah langkah 2, Anda harus mencari dan memilih sistem yang akan digunakan dalam penyimpanan perangkat. Anda melakukan ini dengan mengklik opsi Lihat kemudian cari sistem operasi pada penyimpanan laptop atau komputer anda.

Jika file ditemukan, ketuk dan pilih opsi Membuka buka di USB Installer.

# 5. Pilih Drive & Instal

Setelah memilih file .iso, kemudian langsung ke langkah 3, silakan lihat bagian Tampilkan semua Driver untuk menghasilkan semua drive di komputer. Lanjutkan dengan pemilihan menyetir akan digunakan untuk menginstal OS portabel.

Contohnya pada gambar di atas, flashdisk saya ada di bagian “F:” jadi saya harus mencentang opsinya. Format Tla Fat32 (F: ) lalu tekan opsi Mendirikan instal sistem pada flash Anda. Jika muncul notifikasi peringatansilahkan klik Ya.

Proses install OS portable di flashdisk akan menghapus semua data yang ada di flashdisk, jadi silahkan simpan data di dalamnya jika perlu.

Gunakan Aplikasi WinToUSB

Selain menggunakan Penginstal USB, Anda dapat menggunakan alat WinToUSB untuk membuat OS portabel. Fungsi dari aplikasi ini hampir sama dengan yang sebelumnya yaitu sebagai bootloader ketika Anda pergi untuk membuat Portable OS menggunakan flash.

Tidak seperti aplikasi sebelumnya, di mana Anda dapat menggunakan OS tanpa Windows sebagai sistem portabel. Aplikasi WinToUSB ini hanya mendukung OS Windows sebagai sistem portabel, yang sesuai dengan namanya, “Win” berarti Windows.

Nah, untuk cara pemakaiannya bisa kamu lihat di review selanjutnya!

# 1. Siapkan Media Flash

Langkah pertama silahkan siapkan flashdisk minimal 8 GB dan masih berfungsi dengan baik (tidak rusak). Mungkin akan lebih baik lagi jika flashdisk tersebut sudah memiliki USB 3.0 atau lebih tinggi sehingga proses dan kecepatan loading bisa lebih cepat.

Selain flash, siapkan juga file .iso Windows yang akan Anda gunakan sebagai OS portable.

# 2. Instal WinToUSB

Langkah kedua adalah menginstal WinToUSB di laptop atau komputer Anda, sebagai berikut:

  1. Mulailah dengan mengunduh alat WinToUSB.
  2. Setelah itu silahkan apply seperti biasa.
  3. Jika sudah, silahkan gunakan aplikasi WinToUSB.
  4. Selanjutnya anda akan menemukan halaman seperti gambar dibawah ini. Pertama, tekan tombol File gambar lalu pilih ISO Windows yang akan digunakan.
  5. Di bagian di bawah File Gambar, pilih jenis Windows yang akan diinstal lalu pilih Berikutnya Jika sudah ada.

# 3. Instal Windows Portabel

Langkah ketiga adalah menginstal windows portable pada flashdisk yang sudah anda siapkan tadi. Berikut beberapa langkahnya:

  1. Setelah langkah kedua selesai, Anda akan menemukan halaman seperti gambar di bawah ini. Di bagian Silakan pilih disk tujuan Silahkan buka lalu pilih komponen flashdisk yang anda gunakan.
  2. Jika demikian, tentukan bagian startup dengan sistem.
  3. Jika Anda bingung, silakan navigasikan ke partisi dan sistem boot dengan memilih opsi daun.
  4. Setelah itu, klik saja Berikutnya untuk mulai menginstal.
  5. Tunggu hingga proses selesai, dan flashdisk Anda akan menjadi OS portabel.

Cara menggunakan Flashdisk Portabel OS

Untuk menggunakan OS pada flash drive, Anda cukup menghubungkan flash drive ke laptop atau komputer, lalu mengakses OS portabel melalui menu BIOS. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, install flashdisk yang akan digunakan sebagai OS portable.
  2. Selanjutnya silahkan nyalakan laptop atau komputer anda.
  3. Setelah masuk ke boot screen (tampilan biru) silahkan masuk ke menu BIOS dengan menekan F1/F2/DEL/F12 (centang layar).
  4. Namun terkadang jenis laptop yang berbeda juga memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke menu BIOS. Tetapi cara di atas adalah yang paling umum.
  5. Jika opsi di atas tidak berhasil, silakan cari tahu dulu cara menginstal BIOS tergantung tipe dan tipe laptop Anda.
  6. Setelah berhasil masuk ke BIOS, silahkan masuk ke menu Bertanya.
  7. Kemudian, pilih Prioritas boot disk / booting hard disk mengatur urutan disk ke flash dengan OS portabel.
  8. Setelah itu, restart sistem, dan komputer atau komputer Anda akan memulai flash drive untuk menginstal sistem yang telah dibuat sebelumnya.
  9. Ini sudah berakhir.

Kata terakhir

Itulah cara membuat OS Windows portable menggunakan flashdisk sekaligus cara menjalankan/menggunakan OS portable di laptop atau komputer. Anda dapat menggunakan teks ini sebagai panduan untuk membuat dan menjalankan OS portabel.

Mungkin cukup sekian dulu artikel dari acara ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.kelasmekanik.com/cara-membuat-os-portable/