Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Hiren Boot USB dan Cara menggunakannya di Windows

Apa itu Hiren Boot? Hiren boot adalah boot yang memiliki berbagai program untuk diuji dan pemulihan. Program-program ini sering digunakan untuk standar kinerja sistem, agen partisi, alat gambar, kloning disk, alat pemulihan data, alat BIOS, alat MBR, dll. untuk memperbaiki masalah berbagai sistem.

Boot pertama Hiren menggunakan media DVD. Namun sekarang karena DVD sudah jarang digunakan, Hiren mulai menggunakan media USB, seperti Flashdisk dan sejenisnya. Ini karena USB flash drive lebih cepat selama proses instalasi daripada DVD.

Hiren Boots sudah lama populer lho. Dan sekarang banyak digunakan, karena terbukti efektif. Namun sayangnya saat ini belum banyak orang yang mengetahui cara membuat Hiren booting di USB dan cara menggunakan Hiren booting. Jadi, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara membuat Hiren Boot USB

Bagaimana cara membuat Hiren boot dengan flash drive? Tentu ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat boot Hiren, namun Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Karena Windows sendiri tidak menawarkan fitur boot Hiren.

Pada artikel ini, kami memberikan tutorial tentang cara membuat boot Hiren menggunakan alat Grup4dos. Alat ini sangat menyenangkan direkomendasikan dan tidak begitu sulit untuk dijalankan. Jadi bagaimana itu digunakan? yuk simak ulasannya di bawah ini!

Metode yang paling populer digunakan untuk membuat boot Hiren, yaitu menggunakan alat Grup4dos. Grub4Dos sendiri adalah bootloader alam semesta yang dapat digunakan pada beberapa boot DOS, Linux, Windows, dan sistem operasi lainnya.

Nah, untuk melakukannya silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Siapkan Media untuk Bootable

Pertama-tama, Anda harus mengonfigurasi perangkat atau media agar dapat di-boot. Anda bebas menggunakan flash jenis apa pun, tetapi diperlukan setidaknya 8 GB. Kapasitas 8GB sebenarnya sangat terbatas untuk menerima file bootable.

Lebih baik lagi menggunakan lampu dengan kapasitas lebih dari 8GB. Jika demikian, silakan lanjutkan ke Langkah 2.

Atur Format Media USB

Setelah Anda menyiapkan media untuk boot Hiren, Anda perlu mengubah format drive USB. Dalam hal ini, Anda harus mengubahnya menjadi FAT32 agar laptop atau komputer Anda dapat mengakses file khusus, seperti menggunakan EZ flash, mengupgrade BIOS, mengatur Bootalble (hiren boot).

Setelah itu, mulailah dengan menyimpan file-file penting ke Flashdisk, karena setelah mengembalikan mode Flashdisk, data yang disimpan akan hilang. Jika Anda baru saja mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah format Flashdisk:

  1. Pertama, silakan tekan tombol komponen Windows + E untuk membuka File Explorer.
  2. Selanjutnya, silakan klik kanan Flashdisk lalu pilih Struktur.
  3. Kemudian, ubah opsi menjadi FAT32 di Filesystem. Jika flash drive Anda tidak memiliki opsi FAT32, Anda dapat memilih ExFAT.
  4. Tolong tandai pilihannya Format cepatlalu tekan Memulai.
  5. Jika sudah, akan muncul notifikasi, silahkan klik oke untuk memulai proses pemformatan.
  6. Tunggu hingga proses selesai, lalu lanjutkan ke langkah 3.

Kenya Grup4dos

Langkah selanjutnya, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Grup4dos atau software USB debugging. Namun, jika Anda belum memiliki perangkat lunaknya, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengunduh dan menginstal Grup4dos.

Ini adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan download software Grup4dos terlebih dahulu.
  2. Anda dapat mengunduhnya dengan tautan ini.
  3. Setelah unduhan selesai, silakan buka file di perangkat Anda.
  4. Kemudian Download file ZIP Grup4dos tadi di perangkat Anda.
  5. Jika sudah selesai extract silahkan klik kanan pada file exe atau aplikasi tersebut dan pilih Jalankan seperti Sutradara.
  6. Selanjutnya di menu Nama perangkatsilahkan klik pada pilihan piringan. Lihat medianya USB Flashdisk yang telah Anda siapkan sebelumnya.
  7. Selanjutnya, di Daftar Kategori, pilih Seluruh Disk (MBR).
  8. Langkah selanjutnya, klik Kenya.
  9. Setelah Anda berhasil menginstalnya, pemberitahuan dari CMD akan muncul. Dalam hal ini, silakan klik Memasuki.

Ekstrak Hiren Boot ISO

Langkah sebelumnya akan membuat flash disk dapat di-boot, maka pada langkah ini anda harus memasukkan file boot Hiren ke flashdisk yang sudah anda siapkan tadi. Hal ini dikarenakan lampu tersebut dapat digunakan untuk memindahkan boot Hiren.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama-tama, pastikan Anda sudah memiliki file boot Hiren yang dapat Anda gunakan. Namun, jika Anda tidak memiliki file boot Hiren, Anda dapat memeriksanya secara online.
  2. Selanjutnya, ekstrak file boot Hiren.
  3. Kemudian salin semua file ke Hiren Boot.
  4. Selanjutnya, buka partisi flash Anda.
  5. Kemudian upload file yang sudah anda download tadi ke Flashdisk.
  6. Ini sudah berakhir. Boot Hiren berhasil dirancang.

Cara menggunakan Hiren Boot USB

Setelah Anda selesai membuat file bootable, tidak akan lengkap jika Anda tidak tahu cara menggunakan Hiren Boot yang dibuat dan disimpan di perangkat USB Anda. Menggunakan boot boot Hiren, Anda dapat melakukannya dengan sistem atau dengan boot.

Saya tertarik, bagaimana caranya? Silahkan baca ulasannya di bawah ini!

Ka Sisteme

Cara pertama menggunakan Hiren boot adalah dengan sistem. Maksudnya disini Hiren booting akan tersedia saat OS Windows di laptop atau perangkat anda sedang berjalan (tidak dalam mode BIOS). Jadi, pastikan laptop yang akan Anda mulai masih ada.

Cara melakukannya sebagai berikut:

  1. Pertama, hidupkan perangkat (laptop atau komputer tempat Anda akan memulai.
  2. Setelah itu silahkan install media tersebut agar dapat di-boot.
  3. Media yang dimaksud disini adalah flashdisk yang anda gunakan untuk membuat Hiren boot.
  4. Kemudian buka File Explorer dengan mengklik tombol Selesai Windows + E.
  5. Selanjutnya, buka bagian flash yang dimasukkan.
  6. Selanjutnya, cari file bernama HBCCDMenu.cmd.
  7. Klik dua kali pada file.
  8. Jika demikian, program Hiren’s Boot akan terbuka, dan Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di layar.

Dengan Boot

Bagaimana jika laptop atau komputer kita tidak dapat mengakses sistem? Namun, jawabannya adalah dengan cara ini, baik di boot atau di menu BIOS. Ini adalah satu-satunya cara perangkat Anda tidak dapat mengakses sistem.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, install flashdisk yang akan digunakan untuk bootable.
  2. Selanjutnya silahkan nyalakan laptop atau komputer anda.
  3. Setelah masuk ke boot screen (tampilan biru) silahkan masuk ke menu BIOS dengan menekan F1/F2/DEL/F12 berulang kali (centang layar).
  4. Namun terkadang jenis laptop yang berbeda juga memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke menu BIOS. Tetapi cara di atas adalah yang paling umum.
  5. Namun jika dengan itu anda tidak bisa masuk ke BIOS, silahkan cari di website tentang cara masuk ke BIOS sesuai dengan jenis laptop anda.
  6. Setelah berhasil masuk ke BIOS, silahkan pilih menu boot disk pertama.
  7. Kemudian tempatkan urutan boot pertama (disk order) pada flashdisk yang berisi Hiren Boot.
  8. Setelah restart, komputer atau desktop Anda akan membuka flashdisk yang Anda pilih untuk menginstal program boot Hiren.
  9. Ini sudah berakhir.

Kata terakhir

Itulah tadi cara membuat Hiren boot USB dan cara menggunakan windows 10 yang bisa anda install agar bisa di laptop atau komputer anda. Mungkin cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-membuat-hiren-boot-usb/


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news