Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Diagram Alir dengan word

Mengatur Flowchart di Microsoft Word

Setidaknya ada 2 metode berbeda yang dapat Anda gunakan untuk membuat diagram alur di Word. Yang pertama adalah menggunakan komponen Bentuk dan kedua dengan menggunakan komponen Seni pintar.

Membuat Gambar alir dalam Bentuk

Kita sudah membicarakan cara yang pertama tadi, cara membuat flowchart dengan format Shapes sudah pasti menjadi pilihan yang tepat. Karena dalam pemilu Bentuk Tentunya ini sudah diberikan berbagai sinyal diagram alir sesuai fungsinya.

Jadi setiap simbol (bentuk datar) menjadi diagram alir ada artinya, harus dijaga kalau mau melakukannya diagram alir nyata, lebih dari itu diagram alir untuk pelaksanaan program.

Jadi, sebelum Anda mulai melakukannya diagram alir di Word dengan menggunakan bentuk bentuk. Pertama, Anda perlu mengidentifikasi jenis lainnya diagram alir sering digunakan dan fungsinya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

arti dari sinyal aliran

Untuk arti dari bentuk lain, Anda dapat melihatnya sendiri dengan menggerakkan kursor toeba kamu membuat tanda diagram alir apa maksudmu, akan ada daftar yang menjelaskan artinya tanda itu.

Sekarang saatnya untuk masuk ke produksi diagram alir oleh Firman dengan mengambil keuntungan dari bagian Bentuk, harap perhatikan setiap langkah dengan cermat agar tidak terjadi kesalahan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Menerapkan komponen Panggilan web memudahkan Anda untuk melukis diagram alircara membuka tab Lihat lalu tandai Panggilan web.
    menghasilkan jaringan dengan kata
  2. Buka tab Kenyalalu pilih Bentuk.
  3. Menu akan muncul dengan opsi tata letak yang berbeda Bentuktetapi grup struktur akan digunakan oleh apel le Diagram alir.
    cara membuat flowchart dengan kata dengan bentuk
  4. Untuk bentuk gambar pertama dengan memilih salah satu bentuk. Kita akan mulai dengan bentuk oval (sebagai sinyal untuk memulai grafik).
  5. Sebuah token akan muncul Korsair (+)tekan satu titik lalu tekan dan seret untuk mendapatkan ukurannya.
  6. Setelah Anda menjelaskan Bentuk itu, sebuah tab akan muncul Struktur (Membuat Alat). Ini terbuka taba di sini Anda dapat mengatur gaya dari bentuk ini, dari informasi warna umum, warna batas, dan banyak lagi.
    atur tampilan diagram alur dengan suara
  7. Untuk memasukkan teks di dalam ikon, tekan opsi Masukkan Teks di tab Struktur. Kemudian masukkan teks yang Anda butuhkan.
    tambahkan teks ke diagram alur
  8. Selanjutnya, lakukan Bentuk baru selesai diagram alir. Tip, lakukan 4-7 langkah lagi dengan memilih bentuk yang berbeda (tergantung kebutuhan Anda).
  9. Untuk menghubungkan dari satu simbol ke simbol lainnya, pilih opsi apel dalam bagian Masukkan Bentuk.
    buat garis yang menghubungkan grafik
  10. Setelah lahir Korsair (+), tekan bagian tengah simbol pertama, lalu seret ke bagian tengah simbol kedua. Lakukan ini sampai semua simbol digabungkan.
  11. Itu sama seperti ketika Anda membuat tanda, ketika Anda membuat garis, sebuah tab akan muncul Struktur. Anda dapat mengatur gaya garis di sana.

Buat Flowchart dengan SmartArt

Jika Anda ingin melakukan diagram alir menggunakan cara pertama sangat memakan waktu dan kompleks, anda bisa memilih untuk menggunakan cara kedua ini. Caranya dengan memanfaatkan fitur SmartArt.

Tapi Anda harus menyadari itu diagram alir apa yang dapat Anda lakukan dengan format SmartArt bukanlah bagan yang sebenarnya. Karena pada bagian SmartArt, simbol yang digunakan bukanlah simbol pertama yang didefinisikan dalam pola aliran.

Ini adalah jaringan umum dari layar yang terhubung, jadi Anda hanya boleh menggunakan metode ini untuk membuat gambar kinerja sederhana. Tidak digunakan untuk membuat diagram alir nyata.

Untuk melakukannya, silakan lihat langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka tab Kenyalalu pilih opsi Seni pintar.
    cara membuat flowchart dengan smartart
  2. Di jendela Pilih Grafik SmartArtpilih opsi Pertunjukan lalu pilih salah satu desain yang anda inginkan. Klik oke untuk melakukannya.
    melakukan
  3. Setelah itu, Anda hanya perlu mengisi setiap kotak yang tersedia dengan teks atau gambar jika diperlukan.
    kompilasi diagram alur dengan kata
  4. Anda juga dapat menambahkan kotak lain, menghapusnya, dan memindahkannya bila diperlukan.
  5. Desain gambar proses sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga Cara Membuat WordArt dengan Word

Berikut adalah 2 cara Anda dapat membuat diagram alur di aplikasi Microsoft Word. Hal di atas bisa Anda lakukan di semua versi aplikasi, hanya saja mungkin ada sedikit perbedaan tampilan di beberapa versi.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-membuat-flowchart-di-word/