Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Efektif Mengatasi Gambar IDM Non Browsing di Browser

Internet Download Manager (IDM) adalah software download terkenal yang memiliki banyak pengguna di dunia. Tentu saja hal ini tidak mengherankan, karena IDM memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah IDM memiliki kemampuan untuk mogok dengan cepat.

Selain kecepatan tinggi, menggunakan IDM juga mudah, Anda hanya perlu menginstal dan menghubungkan Internet Download Manager secara manual, bahkan proses integrasi dapat bekerja dengan cepat. Namun ada hal yang terkadang bermasalah dengan IDM salah satunya IDM yang tidak muncul saat kendor.

Jika IDM tidak muncul saat download akan menjadi kendala, karena harus copy link yang diperlukan di bagian Add URL. Nah, jika Anda mengalami masalah ini, silahkan simak cara mengatasinya di artikel ini.

Jadikan Download IDM Tidak Muncul

Selain cara mengatasi download IDM sepertinya tidak perlu diketahui, penyebab download IDM tidak muncul juga penting untuk diketahui. Ada beberapa kemungkinan penyebabnya, antara lain sebagai berikut:

  • Koneksi belum berfungsi
  • Jenis browser dengan IDM tidak kompatibel
  • Penambahan tidak dimasukkan dengan benar
  • IDM belum diupgrade
  • IDM mengandung virus atau malware
  • File IDM rusak atau rusak
  • Format file unduhan tidak dikenal di IDM
  • Dan seterusnya

Cara Mengatasi Pencitraan IDM

Dari beberapa alasan yang telah kami rangkum di atas, dapat disimpulkan bahwa banyak penyebab unduhan IDM tidak muncul adalah karena IDM itu sendiri, serta masalah browser yang digunakan.

Jadi bagaimana mengatasinya? Untuk itu ada beberapa cara atau cara yang bisa dicoba. Yuk masuk, simak jejaknya di bawah ini!

Coba restart IDM

Kami mulai dengan hal-hal sederhana tetapi dalam beberapa kasus metode ini bekerja dengan sangat baik. Strateginya adalah me-restart Network Operations Manager melalui Task Manager. Dengan me-restart IDM, jika terjadi error atau error maka error atau bug tersebut akan hilang.

Jadi, untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pertama silahkan buka task manager dengan menekan tombol Composite CTRL + SHIFT + ESC.
  2. Jika sudah, maka Anda akan menginstal task manager, di bagian ini silahkan pilih tab Metode.
  3. Lalu kamu mau IDMAN.exe.
  4. Kemudian, klik kanan dan pilih opsi Selesaikan tugas.
  5. Selanjutnya, dia membuka IDM lagi dengan Karir Baru.
  6. Jika sudah, Anda hanya perlu me-restart Windows dan mencoba mengunduh menggunakan IDM lagi.
  7. Ini sudah berakhir.

Mulai ulang Windows Explorer

Hal sederhana kedua adalah me-restart Windows Explorer. Karena ini ada hubungannya ketika unduhan IDM tidak muncul. Saat proses pengunduhan dimulai, biasanya akan muncul jendela layanan dengan pengaturan tempat kita menyimpan file yang diunduh.

Kemudian jika layanan tidak merespon, bisa menyebabkan IDM tidak bisa berjalan dengan sendirinya. Jadi, untuk memperbaikinya, silakan coba restart program secara manual.

Berikut adalah metodenya:

  1. Buka pengelola tugas dengan menekan tombol komponen CTRL + SHIFT + ESC.
  2. Jika sudah, maka Anda akan menginstal task manager, di bagian ini silahkan masuk ke tab Metode.
  3. Lalu kamu mau Peneliti Mono.
  4. Kemudian, klik kanan dan pilih opsi Mengulang kembali.
  5. Selanjutnya kamu tinggal restart Windows dan coba download menggunakan IDM lagi.

Pastikan ekstensi file didukung

Internet Download Manager sudah mendukung hampir semua jenis format file. Khusus untuk file yang sering digunakan, seperti zip, rar, mp3, mp4, dan lain-lain. Namun ada beberapa format yang belum didukung oleh IDM sehingga notifikasi download tidak muncul.

Proses penyelesaiannya sebenarnya tidak sulit, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama silahkan buka perangkat IDM terlebih dahulu.
  2. Lalu klik Pilihan paling tebal di menu menu IDM.
  3. Selanjutnya silahkan pilih Jenis File.
  4. Jika demikian, Anda hanya perlu menambahkan format file yang diperlukan dan itu tidak ada.
  5. Tetapi jika format file yang Anda unduh sudah tercantum di sana, silakan coba lanjutkan seperti di bawah ini.

Lihat Dukungan Peramban

Jika Anda adalah pengguna browser yang relatif tidak biasa atau jarang digunakan oleh banyak orang, Anda perlu memeriksa apakah browser tersebut kompatibel dengan IDM. Karena untuk beberapa browser, sistem integrasinya belum mendukung.

Cara mengeceknya sebagai berikut:

  1. Pertama, buka perangkat lunak IDM.
  2. Setelah itu, silakan pilih salah satu opsi Pilihan.
  3. Di sebelah tab Keseluruhan daftar pencari yang didukung IDM akan muncul.
  4. Jika browser yang Anda gunakan tidak ada dalam daftar, Anda harus memasukkannya ke dalam: Masuk ke Peramban lalu cari dan pilih browser yang anda gunakan.
  5. Ini sudah berakhir.

Mulai ulang Peramban Aktivitas

Jika cara di atas tidak berhasil, coba lakukan beberapa hal sederhana, seperti mengembalikan cara browser yang Anda gunakan. Metode ini berfungsi, jika browser yang aktif memiliki beberapa bug atau bug.

Saat ini, karena kesalahan, layanan browser tidak dapat merespons perintah, sehingga mencegah IDM memulai sendiri. Untuk memperbaikinya, coba mulai browser manual.

Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama, buka pengelola tugas dengan menekan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + ESC.
  2. Jika sudah maka akan masuk ke menu task manager, pada bagian ini silahkan masuk ke tab Metode.
  3. Lalu kamu mau pencari yang Anda gunakan di sana.
  4. Kemudian, klik kanan dan pilih opsi Selesaikan tugas.
  5. Setelah itu, jangan tutup jendela terlebih dahulu, dan Anda harus membuka browser lain yang masih dalam tugas Akhir dengan Karir Baru.
  6. Setelah selesai, Anda hanya perlu me-restart Windows dan mencoba mengunduh menggunakan IDM lagi.

Peningkatan tipe IDM

Perpanjangan IDM dapat menjadi cara lain untuk memecahkan solusi untuk IDM yang muncul. Karena bisa jadi jika jenis IDM yang Anda gunakan saat ini tidak sesuai dengan browser, atau IDM yang Anda gunakan bermasalah.

Proses perpanjangan IDM adalah:

  1. Buka software IDM di kotak tugas.
  2. Selanjutnya pilih menu Membantu.
  3. Kemudian klik opsi Lihat peningkatannya.
  4. Tunggu hingga proses pemindaian bekerja.
  5. Setelah selesai, klik Tingkatkan sekarang.

IDM Kenya lagi

Ketika perangkat lunak tidak bekerja secara normal, ada kemungkinan disebabkan oleh proses instalasi yang tidak lengkap. Akibatnya, jika suatu file rusak atau hilang, perangkat lunak akan sering mengalami kesalahan atau masalah.

Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa jika IDM tidak berfungsi secara normal, kami sarankan untuk menginstal ulang IDM. Karena dengan menginstall ulang file yang rusak akan diperbaiki dan bug di IDM juga akan hilang.

Namun perlu diperhatikan, jika ingin mengembalikan IDM, mulailah dengan menghapus (remove) IDM lama. Bersihkan juga sisa file registry menggunakan software CCleaner.

Peningkatan peramban

Kecuali IDM yang perlu diperbarui, browser yang Anda gunakan juga melakukan hal yang sama. Karena selain IDM yang tidak sesuai, browser yang tidak kompatibel juga memiliki efek penggabungan dengan IDM yang tidak dapat dihasilkan saat Anda mengunduh sesuatu.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu harus mencoba dengan mengupdate browser yang kamu gunakan ke versi terbaru. Biasanya di setiap browser terdapat opsi Update yang tertera pada halaman pengaturan browser. Harap tingkatkan browser Anda dengan alat ini.

Setel Ulang Ekspansi IDM

Kasus ini sering merugikan pengguna IDM, dimana IDM tidak muncul saat ingin mendownload file karena IDM tidak tersedia dari browser atau browser. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengubah printer browser default menjadi IDM.

Berikut cara memeriksa apakah ekstensi IDM berfungsi atau tidak di Google Chrome:

  1. Pertama, silahkan buka browser Chrome terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu Pengaturan.
  3. Jika demikian, silakan klik Peralatan lainnya.
  4. Selanjutnya, pilih opsi Tambahan.
  5. Kemudian pada bagian Extensions, pastikan posisi IDM sudah benar Membantu (liar).

Bagaimana dengan pengguna browser lain? Untuk pengguna browser selain Chrome, Anda dapat mengakses dan mengkonfigurasinya sendiri.

Hubungkan Kembali Browser (Secara Manual)

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi belum berhasil, berarti ada kemungkinan penyebab utamanya adalah IDM. Solusinya sangat sederhana, Anda hanya perlu memasukkan IDM di browser, sehingga keduanya dapat terhubung dan dapat digunakan untuk mengunduh file.

Namun, untuk memasang kembali IDM, gaya setiap browser berbeda. Bagi pengguna Google Chrome dan Mozilla Firefox, mungkin sudah pernah kita bahas.

Kata terakhir

Mungkin cukup sekian pembahasan kita pada kesempatan kali ini tentang cara ampuh mengatasi solusi IDM yang tidak muncul di browser. Kami menawarkan beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasinya, semua cara yang kami sebutkan di atas sangat efektif.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-download-idm-tidak-muncul/


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news