Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aprilia SR 160 vs Honda Vario 160, Mau Masuk Indonesia?

Aprilia, produsen sepeda motor yang tergabung dalam Piaggio Group, mulai melebarkan sayapnya dengan mengembangkan berbagai macam skutik, salah satunya adalah Aprilia SR 160. Baru-baru ini, versi revisi dari model 2022 dirilis di India dan terlihat Bagus. lebih menarik.

TSELISO TS’OANE

  • Skuter Aprilia

    Aprilia SR 160

  • Aprilia SR 160

    160 cc, 3-valve, SOHC, dengan tenaga maksimum 11 PS dan torsi maksimum 11,6 Nm

  • Dari segi desain, Aprilia SR 160 memang tak diragukan lagi berbeda dengan skutik lain di Tanah Air. Ia tampil sporty dengan lekuk tubuh yang tajam dan garis pandang yang tajam.

    Desainnya menggabungkan fleksibilitas skuter dengan DNA mobil sport. Tengok saja ke depan, di bawah lampu depan ada semacam ‘duck lung’ yang membuatnya terlihat seperti motor aktif.

    Aprilia SR Gray

    Dari samping, bodi kiri dan kanan terlihat kokoh agar sesuai dengan denah bodi aslinya. Agar tampil beda, roda belakang dan depan menggunakan penggerak 14 roda dengan profil 120 roda melintang 70.

    Sedangkan untuk tulang punggungnya, sang desainer setuju untuk menggelar games tersebut. Lampu “minimalist stop” menyatu dengan baik dengan desain roda, uap, dan spatbor belakang.

    Berbicara fitur, Aprilia SR 160 2022 masih menggunakan lampu LED depan dan belakang. Bentuk head lamp mirip dengan huruf ‘V’ sedangkan stop light membentuk huruf ‘X’.

    Perubahan paling kentara di bagian meteran, jika sebelumnya menggunakan model analog, maka pada versi 2022 menggunakan full “digital cluster” dengan bagian belakang berwarna merah. Belum lagi, teknologi konektivitas smartphone juga telah diperkenalkan untuk memungkinkan pengemudi menemukan informasi tentang kendaraan di layar perangkat.

    Aprilia SR 160

    Selebihnya, untuk fitur keselamatan fungsional sudah terpasang teknologi rem ABS (Anti-lock Braking System). Dengan perangkat ini, mencegah roda terkunci jika terjadi lompatan mendadak sehingga pengendara dapat menghindari atau mengubah arah sepeda motor secara normal hingga sepeda motor berhenti total.

    Sedangkan untuk dapur pacu, sayangnya pabrikan masih menggunakan mesin yang sama. Ia membangun mesin 160 cc, 3-katup, SOHC, dengan tenaga maksimum 11 PS dan torsi maksimum 11,6 Nm. Secara total, Aprilia SR 160 2022 memiliki bobot 122 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar 6 liter.

    Untuk mahar India, skutik ini dilepas dengan harga mulai 109.125 Rupee atau setara Rp. 20.7. Pabrikan juga menawarkan beragam sport dengan paduan warna dan aksesoris dari SR 150 Race dan SR 160 Carbon.

    Baca juga: Lihat All New Honda Vario 160 Update Series

    Kecepatan Aprilia SR

    Dengan embel-embel 160, menarik jika terintegrasi dengan Vario 160 di Indonesia. Jika kedepannya SR 160 diaspal di tanah air, kecil kemungkinan kehadirannya akan mengganggu kehadiran Vario 160 dan Aerox 155.

    Namun untuk saat ini, Aprilia Indonesia masih fokus pada produk MOGE (motor gede). Strategi menjual skutik boleh saja, namun harus dengan pertimbangan dan riset pasar.

    “Sejauh ini belum ada rencana ke sana (motor mandiri). Tapi enggak mungkin, kan. Memang sekarang kita fokus ke produk sepeda utama. Ke depan kita tidak akan pernah tahu,” ujar Digital. Negosiator Grup Piaggio. Indonesia (PID), Robby Gozal, belum lama ini.

    Bagaimana menurut Anda, apakah Aprilia SR 160 layak dijual di Indonesia? (Perlengkapan / Raju)

    Sumber: greatbiker, aprilia

    Sumber Artikel: https://www.oto.com/berita-motor/aprilia-sr-160-lawan-sepadan-honda-vario-160-mau-masuk-indonesia