Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis Strategi: Realme Menjadi indikator dengan pertumbuhan tercepat di Eropa

Logo realme V5. (Weibo/Realme)

Kelasmekanik.com – Meski nilai yang sangat kecil, realme telah memperoleh banyak pangsa pasar. Firma riset teknologi Strategy Analytics telah mengungkapkan bahwa Realme adalah merek smartphone dengan pertumbuhan tercepat di Eropa.

Merek Cina menduduki puncak daftar sepanjang tahun 2021 dalam hal pertumbuhan, meskipun memasuki benua itu hanya pada tahun 2019.

Menurut data dari Strategy Analytics, ekspor Realme pada kuartal keempat tahun 2021 telah tumbuh sebesar 500 persen.

Jika melihat catatan transfer selama setahun penuh (hingga 2021), pertumbuhannya bahkan sudah mencapai 548 persen.

Sebagai perbandingan, produsen smartphone China lainnya seperti Xiaomi dan Oppo masing-masing tumbuh sebesar 33 persen dan 77 persen.

Pangsa pasar dan pertumbuhan pasar smartphone di Eropa.  (Analisis Strategi)
Pangsa pasar dan pertumbuhan pasar smartphone di Eropa. (Analisis Strategi)

Ada sedikit perbedaan di beberapa bagian Eropa. Ekspor smartphone Realme telah meningkat 643 persen YoY persen di Eropa Tengah dan Timur. Properti realme juga tumbuh 416 persen sepanjang tahun 2021 di Eropa Barat.

Dikutip dari GizmochinaLima produk dengan pangsa pasar tertinggi di Eropa sepanjang tahun 2021 adalah Apple, Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Realme.

Di Eropa Barat, Realme naik dari level 13 di Q4 2020 menjadi kelima di Q4 2021. Demikian pula di Eropa Tengah dan Timur, Realme naik dari level 13 di Q4 2020 ke posisi keempat di Q4 2021.

Strategy Analytics mengungkapkan bahwa strategi pemasaran yang tepat, portofolio produk yang terdiversifikasi, deskripsi produk yang kompetitif, dan harga yang kuat adalah kekuatan pendorong di balik kesuksesan Realme.

realme 9pro vs realme 9proplus.  (HiTekno.com)
Dua ponsel baru, Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro Plus. (HiTekno.com)

Samsung merupakan merek smartphone dengan pangsa pasar yang besar di Eropa. Meski nilai pasar telah mempengaruhi 29 persen, pertumbuhan ekspor justru turun menjadi -1 persen YoY.

Hal ini menjadi alarm bagi Samsung mengingat dua anak buahnya, Apple dan Xiaomi, memiliki pertumbuhan pengiriman dua digit.

Performa realme dalam hal pangsa pasar juga patut diacungi jempol. Realme berhasil mendulang pangsa pasar sebesar 3 persen, di mana mereka sedikit berbeda dengan saudaranya, Oppo, sebesar 5 persen.



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/27/133959/strategy-analytics-realme-jadi-brand-dengan-pertumbuhan-tercepat-di-eropa


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news