Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Memperbaiki Windows Start Menu tidak bisa dibuka

Start Menu memang menjadi bagian penting dari sistem Windows karena Start Menu sendiri merupakan komponen yang menyediakan akses cepat ke berbagai program, folder dan pengaturan sistem. Dengan menu mulai, ini juga memungkinkan pengguna untuk menemukan aplikasi yang diinstal pada perangkat.

Awalnya Start Menu mulai muncul di versi Windows 95, namun di Windows 8 fitur ini tidak lagi disediakan, sehingga membuat pengguna merasa tidak puas. Akhirnya, Microsoft kembali menawarkan Start Menu untuk generasi berikutnya dari Windows 8 (Windows 8.1, Windows 10, dan Windows 11).

Karena Start Menu merupakan bagian penting, jika Anda mengalami masalah atau error dengan fitur ini, Anda pasti akan frustasi. Salah satu error yang terjadi adalah Start Menu tidak bisa diluruskan atau dibuka. Sehubungan dengan itu, kami akan memberikan solusi untuk masalah ini, jadi silakan baca sampai akhir.

Ada dua kesalahan Start Menu yang umum, yang pertama adalah bahwa Start Menu tidak muncul sama sekali, dan yang kedua adalah bahwa Start Menu masih muncul setelah pembukaan singkat, tetapi masih terbuka (tidak ada jawaban). Kedua jenis kesalahan ini sama-sama menjengkelkan.

Lalu kenapa Start Menu Windows 10 tidak bisa dibuka? Alasan untuk ini termasuk yang berikut:

  1. File Menu Mulai rusak
  2. File registri rusak
  3. File Cortana rusak mempengaruhi Start Menu
  4. Sistem file yang rusak
  5. Start Menu tidak dapat bekerja dengan akun Microsoft
  6. Gangguan sistem
  7. Ada banyak file tidak berguna yang mengganggu sistem
  8. Virus / malware
  9. Terjadi kesalahan karena pemutakhiran sistem tidak selesai
  10. Windows mendeteksi kesalahan dalam fungsi Start Menu
  11. jj

Kemudian, setelah Anda tahu mengapa Start Menu tidak bisa dibuka, silakan lanjutkan membaca komentar di bawah untuk mengatasinya. Kami berharap cara yang kami berikan di bawah ini dapat berfungsi saat digunakan di laptop atau komputer Anda yang tidak dapat digunakan untuk membuka Start Menu.

Lakukan Pemindaian File

Untuk mengatasi Start Menu tidak bisa dibuka, Anda bisa melihat dulu file Windows. Ini dimaksudkan untuk mendeteksi masalah kesalahan file Windows dan nanti kami akan memperbaikinya. Untuk melakukan pemindaian, Anda dapat menggunakan CMD.

Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Setelah terbuka, silakan ketik cmd di bagian Buka.Jika sudah, halaman Command Prompt akan terbuka. Di bagian ini, silakan ketik perintah sfc / scannow.
  3. Setelah itu, klik Memasuki memulai dengan.
  4. Tunggu hingga proses penyaringan selesai.

Setelah selesai, halaman CMD akan menghasilkan salah satu pesan berikut:

  • “Perlindungan Sumber Daya Windows tidak mendeteksi pelanggaran”
    Berarti: Tidak ada file sistem Windows yang hilang atau rusak (rusak) ditemukan
  • “Perlindungan Sumber Daya Windows telah mendeteksi file yang rusak dan berhasil memperbaikinya”
    Artinya: Windows dapat memulihkan file yang rusak dan memperbaikinya
  • “Windows Resource Protection telah mendeteksi file yang rusak tetapi belum dapat memperbaiki beberapa di antaranya.”
    Deskripsi: Windows dapat memulihkan file yang rusak, tetapi beberapa di antaranya tidak diperbaiki.
  • “Keamanan Sumber Windows tidak dapat melakukan operasi yang diminta”
    Artinya: Windows tidak dapat mendeteksi perintah yang diinstal. Jadi pastikan Anda memasukkan perintah di atas dengan benar

Terapkan perintah DISM ke Command Prompt

Setelah memindai file menggunakan cara di atas, dan hasilnya Anda mendapatkan pesan bahwa ada file yang rusak tetapi sistem tidak dapat memperbaiki sendiri, maka Anda harus memperbaiki file dengan tangan.

Karena bisa jadi, salah satu file menyebabkan Start Menu tidak bisa dibuka. Untuk memperbaikinya, Anda dapat menggunakan perintah DISM di Command Prompt.

Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama silahkan buka Command Prompt seperti sebelumnya.
  2. Setelah CMD dibuka, silakan masukkan perintah DISM.exe / Online / Cleanup-image / Restorehealth.Jika sudah, silahkan tekan Enter.
  3. Proses perbaikan file yang rusak akan dimulai, silahkan tunggu sampai selesai.
  4. Prosedur ini biasanya memakan waktu sekitar setengah jam. Namun, itu juga tergantung pada spesifikasi peralatan dan kecepatan jaringan.

Setel ulang Windows Explorer

Faktanya, Start Menu dan Taskbar adalah bagian dari Windows Explorer yang berjalan di latar belakang selama Windows AKTIF. Windows Explorer mungkin sangat rusak sehingga Start Menu tidak dapat dibuka.

Untuk memperbaikinya, coba lakukan reset di Windows Explorer sebagai berikut:

  1. Pertama, buka Task Manager dengan menekan tombol komponen Ctrl + Alt + Hapus.
  2. Setelah itu akan terbuka Task Manager, silahkan klik kanan explorer.exe lalu pilih opsi Selesaikan Tugas.Setelah melakukan Finish Task, tampilan Windows akan kosong kecuali ikon Start dan Taskbar. Ini akan mengatur ulang Windows Explorer dan kesalahan atau kesalahan di dalamnya akan hilang.
  3. Langkah selanjutnya, silahkan klik Mengajukan lalu pilih Lakukan Pekerjaan Baru yang ada di bagian itu.
  4. Jika jendela baru muncul, ketuk Lihatlalu pergi ke C: Jendela.
  5. Di bagian itu, silakan, cari explorer.exe lalu tekan Membuka.Setelah Windows Explorer terbuka, silakan coba Restart Menu lagi.

Cara ini sangat efektif, dan sudah banyak yang mencobanya. Hasilnya valid dan masalah Start Menu tidak bisa dibuka dengan cara reset Windows Explorer.

Gunakan Powershell

Saya sebutkan sebelumnya bahwa salah satu alasan Start Menu tidak dapat dibuka adalah karena beberapa file sistem rusak. Penyebab file sistem itu sendiri mungkin karena komponennya rusak, terinfeksi virus, atau karena kesalahan sistem saat memutakhirkan Windows.

Tentu saja, jika proses upgrade Windows gagal, atau gagal, tentu file sistem akan mengalami banyak masalah. Jika Anda merasa menghadapi ini, silakan lihat file dan perbaiki file yang rusak.

Prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan buka Task Manager dengan menekan tombol Composite Ctrl + Alt + Hapus.
  2. Setelah Task Manager terbuka, silakan klik salah satu opsi Mengajukan lalu pilih Lakukan Pekerjaan Baru.
  3. Dengan membuat kolom tugas baru, silakan ketik tablet kemudian lihat opsi Buat Tugas Ini dengan Hak Administratif.Jika sudah, klik OK.
  4. Setelah itu, jendela Powershell akan terbuka. Di bagian ini, jalankan fungsi System File Checker untuk mencari dan memperbaiki file yang rusak.
  5. Anda melakukan ini dengan memasukkan perintah sfc / scannow di PowerShell dan tekan Enter.Tunggu hingga proses scanning selesai, karena biasanya memakan waktu lebih lama. Itu tergantung pada kekuatan dan konektivitas perangkat.

Proses yang sama ini hampir sama seperti saat membuat perintah scan di Command Prompt. Namun, terkadang menggunakan Windows Powershell berbeda dan sangat efektif. Untuk meningkatkannya lebih lanjut, harap lakukan pemesanan perbaikan khusus pada Powershell.

Berikut adalah perintah yang harus Anda masukkan:

Dapatkan-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$ ($ _. InstallLocation) AppXManifest.xml”}

Masuk kembali ke Akun Microsoft

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, salah satu penyebab Start Menu tidak bisa dibuka karena Start Menu bermasalah dengan akun Microsoft Anda, sehingga tidak berfungsi. Hal seperti ini terkadang bisa terjadi, jadi Anda harus keluar dari akun Microsoft Anda.

  1. Pertama, silakan tekan tombol komponen Ctrl + Alt + Hapus.
  2. Jika sudah, silahkan pilih lalu klik icon Kekuatan di pojok kanan bawah.
  3. Setelah itu silahkan pilih Keluar.
  4. Setelah itu silahkan Memasuki kembali ke akun Microsoft Anda, dan coba lagi di Start Menu lagi.
  5. Selesai, cara ini biasanya bekerja paling baik ketika ada kesalahan pada akun Microsoft.

Selain mengatur ulang Windows Explorer, Anda juga dapat mengatur ulang Start Menu ke Task manager. Tujuannya sebenarnya sama dengan restore Windows Explorer, yaitu menghilangkan virus atau error yang menyebabkan Start Menu tidak bisa dibuka.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama, silahkan buka Task Manager dengan menekan tombol Composite Ctrl + Shift + Esc pada keyboard Anda.
  2. Jika sudah, maka Anda akan masuk ke halaman Task Manager. Di bagian ini, silakan lihat Memulai yang dalam hal Metode.
  3. Setelah Anda menemukannya, silakan klik kanan Memulai itu, lalu pilih Selesaikan Tugas.Setelah selesai, Anda telah berhasil mengatur ulang proses latar belakang Mulai.

Perbarui Indeks

Solusi lain untuk memenangkan Start Menu tidak akan saya buka Perbarui Indeks. Hanya, Perbarui Indeks Hal ini dimaksudkan untuk memperbaharui indeks dan memperbaiki indeks, sehingga dapat juga mengatasi error pada sistem, termasuk Start Menu yang tidak dapat dibuka.

Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Di bagian Buka di jendela Jalankan, ketik kontrol / beri nama Microsoft.IndexingOptions.Jika demikian, silakan klik Memasuki atau klik OK.
  3. Setelah itu, Anda akan dibawa ke lokasi yang ditentukan. Di bagian ini, silakan klik Opsi Mengubahlalu pilih Tampilkan semua lokasi.
  4. Jangan lupa hilangkan semua tanda centang pada kolom tersebut, lalu klik Oke.
  5. Selanjutnya silahkan klik Canggihlalu pilih opsi Aha bocha di bagian Pemecahan Masalah.Kemudian setelah operasi Rebuild selesai silahkan buka kembali jendela Run yang ada di atas, lalu pada bagian Open silahkan ketik. Penutupan -r.
  6. Jika demikian, silakan tekan Enter untuk memulai dari awal.

Ketika proses restart diaktifkan, Index yang ada akan dikembalikan, dan Open Menu yang tidak akan terbuka akan disesuaikan. Proses pengindeksan ulang ini mungkin memakan waktu cukup lama, jadi silakan tunggu sampai selesai dan sampai laptop atau PC Anda dihidupkan kembali.

Perbarui Windows

Menyegarkan Windows akan mengembalikan sistem ke normal. Agar dapat melakukan beberapa kesalahan yang muncul dapat dengan mudah diselesaikan, termasuk masalah Start Menu yang tidak dapat dibuka. Memulihkan di sini berbeda dengan memulai ulang, karena Anda harus melakukannya dengan Pemulihan.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silakan tekan tombol komponen Windows + saya untuk membuka Pengaturan.
  2. Jika sudah terbuka, silakan masukkan daftar Pembaruan & Keamanan.
  3. Selanjutnya, pilih Pemulihan di sebelah kiri sekarang cari Startup tingkat lanjut lalu tekan opsi Restart sekarang.Selanjutnya Anda akan dibawa ke Bagaimana memulihkan.
  4. Di bagian itu, silakan pilih menu Penyelesaian masalah.
  5. Kemudian pilih opsi Perbarui PC Anda.Setelah itu, sistem akan mulai memulihkan. Tolong tunggu saja sampai selesai.

Selain memilih Refresh Your PC, Anda dapat menggunakan opsi Reset This PC yang dapat Anda pilih setelah menginstal Troubleshoot. Dengan melakukan Reset, maka semua operasi dan setting/pengaturan pada laptop atau komputer anda akan hilang (kembali ke pengaturan awal).

Jika Anda memilih Reset This PC, Anda dapat menyimpan file ke hard drive dengan memilih opsi Save my files setelah menginstal menu Reset. Reset PC ini adalah solusi kebakaran nyata jika terjadi masalah sistem termasuk Open Menu yang tidak dapat dibuka yang sulit untuk diselesaikan, bahkan setelah mencoba semua metode di atas. Notekno