Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Sistem Pemulihan CD / DVD yang Tidak Dapat Dibaca untuk Laptop dan PC

CD (Disket Kompak) dan DVD (Cakram Serbaguna Digital) adalah perangkat penyimpanan pusat atau optik dan sangat populer. CD dan DVD juga merupakan perangkat yang kurang penting untuk komputer atau laptop. Ya, meskipun ada MMC, SD, Flashdisk, dan perangkat sejenis.

Penggunaan DVD dan CD hampir sama, namun ada sedikit perbedaan pada kapasitas penyimpanannya. DVD menyediakan lebih banyak penyimpanan data daripada CD. DVD sering digunakan untuk file program dan video, sedangkan CD sering digunakan untuk pemrograman dan audio.

DVD dan CD juga telah menjadi teknologi standar, dan keduanya sering dianggap satu dan sama. Sindrom sinonim. Namun, jika Anda ingin menggunakan perangkat ini di komputer atau laptop, tidak dapat diputar karena tidak dapat dibaca di laptop atau komputer Anda.

CD atau DVD yang tidak dapat dibaca

Seperti komponen elektronik yang sama, CD dan DVD sering mengalami masalah saat ingin bekerja. Misalnya, CD atau DVD tidak dapat dibaca di laptop atau komputer Anda. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor yang berbeda apakah itu berasal dari perangkat keras atau perangkat lunak perangkat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab CD atau DVD tidak terbaca di laptop dan komputer:

  • DVD atau CD rusak.
  • Kerusakan pada DVD atau CD drive.
  • Salah selama pemanasan.
  • Drive Optik lemah.
  • Drive CD atau DVD kotor.
  • Instalasi CD atau DVD salah.
  • Ruang DVD atau CD tidak berfungsi.
  • Status layar tidak kompatibel dengan dukungan CD atau DVD.

Cara memperbaiki CD atau DVD yang tidak terbaca

Tentunya untuk memenangkan CD atau DVD yang tidak terbaca ada banyak hal yang bisa kamu coba, hal ini tergantung dari status masing-masing CD dan DVD atau device kamu ya. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mencoba tips yang sudah kami tulis di bawah ini. Yuk, baca review ini sampai habis.

Bersihkan DVD atau CD Drive

Hal pertama dan termudah untuk dicoba adalah membersihkan DVD atau CD drive di laptop atau komputer Anda. Karena jika optik di dalam mobil kotor akan membuat CD atau DVD lebih sulit untuk dibaca.

Hal ini biasanya disebabkan oleh kotoran atau debu yang masuk ke dalam mobil. Jadi harap berhati-hati dan bersihkan drive CD atau DVD ini sesering mungkin agar Anda tidak mengalami masalah ini. Nah, berikut cara membuatnya:

  1. Tip pertama adalah dengan menggunakan kompresor udara untuk menyemprotkannya ke DVD drive. Karena itu kotoran dan debu yang ada di dalamnya akan mudah keluar. Tetapi jika Anda memiliki alatnya, atau Anda dapat meminjamnya di bengkel terdekat.
  2. Tips kedua adalah dengan menggunakan kuas. Anda dapat menggunakan kuas untuk menyapukannya ke perangkat drive CD atau DVD Anda. Pastikan Anda menggunakan sikat yang bersih dan lembut.
  3. Tips ketiga, jika Anda tidak memiliki dua aksesoris di atas, cobalah untuk membersihkannya menggunakan kain lembut atau kain katun. Caranya tinggal dilap saja dengan mobil, dan pastikan sel atau kapasnya tidak menempel, e.
  4. Tip empat, tidak peduli metode mana yang Anda pilih dari tiga metode yang telah kami daftarkan, pastikan Anda membersihkan perangkat optik dan perangkat media Anda.

Kaset Bersih

Selain mobil yang kotor, kaset CD atau DVD juga bisa menjadi kotor sehingga membuat CD atau DVD tidak terbaca di laptop atau komputer Anda. Coba perhatikan baik-baik kaset yang Anda gunakan, apakah kotor atau tidak. Secara khusus, Anda menjelajahi bagian terpenting dari kaset, yang ada di bawah ini.

Nah, jika ternyata kaset yang kamu pakai kotor, maka solusinya bersihkan kaset dengan cairan khusus bernama Diswasher untuk membersihkan CD atau DVD, lalu usap perlahan hingga kering.

Namun, jika tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai pengganti cairan khusus. Anda hanya perlu meneteskan cukup banyak pada kaset, lalu cukup dilap dengan kain atau lap hingga kering.

Pastikan untuk menghapusnya dengan mudah, ini untuk mencegah rekaman itu terdaftar. Selanjutnya, coba sambungkan kembali CD atau DVD ke perangkat Anda.

Lihat Status CD atau DVD

Cara kedua adalah dengan memeriksa status CD atau DVD yang Anda gunakan, karena mungkin saja masalah CD atau DVD yang tidak terbaca di laptop atau komputer Anda berasal dari kaset CD atau DVD yang Anda gunakan.

Kemungkinan kaset rusak secara fisik, sehingga tidak berfungsi sebaik sebelumnya. Misalnya, optik CD atau DVD telah melemah atau rusak. Mencari tahu apakah ada kerusakan pada CD atau DVD Anda sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencoba drive DVD lain.

Kemudian, jika Anda membaca CD atau DVD yang Anda uji di perangkat lain, dapat ditentukan bahwa kerusakannya bukan pada kaset, tetapi pada sistem operasi Anda. Namun jika tidak terbaca di perangkat lain, berarti CD atau DVD Anda rusak.

Untuk memenangkan CD atau DVD yang tidak terbaca karena hanya ada satu masalah fisik dengan kaset, yaitu Anda harus mengganti kaset dengan yang baru. Tentu saja Anda harus melakukan ini, sehingga Anda dapat menggunakan CD atau DVD juga.

Karena CD atau DVD rusak secara fisik, maka resikonya data yang tersimpan di kaset akan hilang dan tidak bisa diselamatkan.

Pastikan Tautan terpasang dengan benar

Kemungkinan penyebab CD atau DVD selanjutnya tidak terbaca adalah karena koneksi antara drive dan motherboard tidak terpasang dengan benar. Ini benar-benar membuat drive kaset tidak dapat digunakan.

Coba lihat linknya sebagai berikut:

  1. Pertama, buka tas laptop yang Anda gunakan.
  2. Selanjutnya, periksa konektor yang menghubungkan drive DVD ke motherboard.
  3. Jika konektor tidak dimasukkan dengan benar, harap sambungkan kembali dengan benar.
  4. Setelah selesai, muat ulang tas laptop.
  5. Terakhir, silakan coba masukkan dan pindahkan kembali CD atau DVD Anda.

Coba bakar kaset

Seperti yang kami tulis di atas pada bagian penyebab CD atau DVD tidak terbaca yaitu kesalahan saat burning. Jika ini terjadi, file dan data yang tersimpan di CD atau DVD rusak dan tidak dapat dibaca.

Karena pemutar kasetnya tidak sempurna, solusinya adalah Anda harus membakar CD atau DVD itu lagi. Baik Anda membakar menggunakan perangkat OS Windows biasa atau perangkat lain, metode pembakaran CD atau DVD tetap sama.

Caranya adalah dengan memasukkan kembali kaset CD atau DVD ke dalam drive, kemudian buka perangkat yang biasa Anda gunakan untuk membakar kaset, dan silahkan masukkan file atau data ke dalamnya. Anda juga dapat membakarnya kembali jika ada kerusakan fisik pada kaset, sebelum mengganti kaset.

Gunakan Alat Pemulihan DVD

Jika Anda sudah mencoba cara-cara di atas tetapi belum juga bisa memperbaiki CD atau DVD yang tidak terbaca di laptop atau komputer Anda, maka sebaiknya Anda mencoba memperbaiki sistem atau perangkat dari mesin CD atau DVD hau.

Pilihan lainnya adalah menggunakan Alat Perbaikan Drive DVD. Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama-tama silahkan download DVD Drive Repair Tools terlebih dahulu.
  2. Setelah unduhan selesai, silakan instal perangkat seperti biasa.
  3. Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan anda akan masuk ke halaman utama aplikasi tersebut.
  4. Silakan temukan menu “DVD Drive” Repair Tools “, dan buka daftarnya.
  5. Setelah itu Anda akan memperbaiki DVD ke perangkat Anda, silakan ikuti saja petunjuknya sampai selesai.
  6. Terakhir, silakan restart komputer Anda.
  7. Semoga berhasil.

Menggunakan CMD

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Command Prompt? Tentunya semua pengguna laptop atau komputer sudah mengetahui dan pernah menggunakan perangkat ini untuk berbagai keperluan. Karena tentu saja alat ini sangat ampuh ketika digunakan untuk menyelesaikan masalah sistem.

Itu sebabnya Anda dapat menggunakan CMD untuk memecahkan CD atau DVD dari laptop yang tidak dapat dibaca. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Jenis berikutnya cmd di jendela sembulan, lalu klik Oke.
  3. Jika sudah, maka Anda akan diunduh ke jendela Command Prompt utama.
  4. Di jendela ini, silakan masukkan perintah reg.exe tambahkan lalu Masuk.
  5. Kemudian masukkan pesanan HKLM System CurrentControlSet Set f v EnumDevice1 / t (masukkan) REG_DWORD / d 0x00000001 lalu tekan tombol Enter.
  6. Selesai, maka Anda dapat menggunakan CD atau DVD Anda lagi.

Gunakan Drive DVD Eksternal

Saran terakhir yang kami berikan adalah, gunakan drive DVD eksternal. Anda dapat melakukan ini jika perangkat yang rusak ditemukan di drive di laptop atau komputer Anda. Jadi hanya dengan menambahkan drive DVD eksternal, masalah CD atau DVD yang tidak terbaca akan berakhir.

Anda dapat membeli drive DVD ini di toko perangkat keras atau di toko dekat rumah Anda. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menghubungkannya ke perangkat Anda.

Semoga berhasil!

Kata terakhir

Jika Anda memiliki masalah dengan CD atau DVD yang belum dibaca, jangan buru-buru ke pusat layanan untuk memperbaikinya, karena Anda mungkin dapat membuatnya sendiri. Kecuali jika Anda tidak dapat atau tidak mau membuka casing laptop seperti metode 4, maka Anda harus mencari bantuan profesional.

Mungkin cukup di artikel kami tentang cara mengatasi CD atau DVD yang tidak terbaca di laptop atau PC. Saya harap ini membantu.