Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Cara Mudah Mengatasi Laptop Bluetooth Tidak Tersedia

Bluetooth merupakan salah satu fitur alami yang disematkan pada laptop, dimana melalui bluetooth sendiri memudahkan aktivitas kita sebagai pengguna brainware/laptop, dimana melalui bluetooth kita dapat menggunakannya untuk menghubungkan atau berbagi file melalui panggilan ke perangkat lain.

Di sisi lain, terkadang fitur bluetooth pada laptop ini tidak dapat digunakan secara normal karena adanya masalah tertentu seperti driver bluetooth yang tidak terbaca, perangkat periferal bluetooth, bluetooth tidak terdeteksi merupakan perangkat lain, dan lain sebagainya.

Ya, masalah bluetooth sangat berbeda, dan sama sekali tidak berguna, terutama jika Anda ingin menggunakan bluetooth untuk menghubungkan / berbagi file secara nirkabel. Nah, dari sini, dalam hal ini kita akan membahas masalah tidak melihat bluetooth laptop dan cara mengatasinya.

Mode konfigurasi Bluetooth belum ditemukan

Bluetooth laptop jarang terdeteksi karena kesalahan sistem, baik karena driver yang salah, kesalahan layanan bluetooth, atau bluetooth yang disembunyikan. Seringkali ketika terjadi kesalahan pada driver, ikon kejutan akan muncul di ikon bluetooth di “taskbar” dan “Device Manager”.

Jadi, jika kamu sedang menghadapi hal ini, kamu harus benar-benar mengatasinya agar bisa menggunakan bluetooth di laptopmu kembali. Untuk itu silahkan baca artikel ini sampai habis untuk mencari solusi bluetooth laptop not found.

Aktifkan Adaptor Bluetooth

Hal pertama yang membuat bluetooth tidak tersedia dan tidak dapat digunakan untuk mengirim file mungkin adalah adaptor bluetooth yang masih dalam kondisi rusak. Untuk itu, pastikan adaptor bluetooth berfungsi, mis.

Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama, buka Run dengan menekan tombol mix Windows + R.
  2. Selanjutnya, ketik devmgmt.msc di bagian Buka, lalu tekan Enter.
  3. Jika demikian, jendela Device Manager akan terbuka dan akan ada banyak adaptor laptop. Nah, tolong cari itu bluetooth.
  4. Jika sudah menemukannya, silahkan klik kanan pada adaptor dan klik kanan Membantu perangkat.
  5. Jadi bluetooth akan berfungsi dan bisa digunakan.

Ubah pengaturan Bluetooth yang tersedia

Setelah anda memasang bluetooth adapter tapi tidak berfungsi, mungkin bluetooth laptop anda disembunyikan sehingga tidak bisa dilihat oleh perangkat lain saat dipasang. Untuk melakukan ini, coba atur pengaturan bluetooth yang tersedia.

Pengaturan konfigurasi otomatis ini membantu mengatur bluetooth di perangkat lain saat beroperasi. Namun, jika pengaturan ini dinonaktifkan, tentu bluetooth laptop Anda tidak akan terlihat. Untuk melakukan ini, silakan ubah konfigurasi bluetooth yang tersedia sebagai berikut:

  1. Pertama, buka mesin pencari Windows.
  2. Selanjutnya, ketik panel kendali.
  3. Setelah hasilnya muncul, silahkan buka dengan mengklik opsi Membuka di bawah hasil pencarian.
  4. Kemudian akan terbuka halaman Control Panel, dan setelah itu masuk ke menu Alat dan Printer.
  5. Kemudian klik kanan pada ikon laptop dan pilih Pengaturan Bluetooth.
  6. Selanjutnya, lihat pengaturannya Diam / penampilanmaka silahkan anda ubah saja pengaturannya agar bluetooth bisa dilihat oleh perangkat lain.
  7. Seperti pada contoh di bawah ini, saya telah memeriksa opsi Izinkan perangkat bluetooth mengakses komputer ini.
  8. Ini sudah berakhir.

Setel ulang layanan Bluetooth

Perangkat komputer memiliki layanan terprogram bluetooth sehingga Anda dapat menginstal adaptor bluetooth kapan pun Anda ingin menggunakannya. Masalahnya adalah jika layanan bluetooth tidak berfungsi dan membuat bluetooth laptop tidak terlihat.

Bagi Anda yang tidak tahu, ada banyak layanan administrasi. Semua layanan sistem yang tersedia adalah konfigurasi yang digunakan untuk mengontrol komponen komputer atau laptop serta komponen eksternal yang terhubung.

Itu sebabnya silahkan reset layanan bluetooth sebagai berikut:

  1. Pertama, tekan tombol komponen Windows + R untuk membuka Windows Run.
  2. Jika sudah terbuka, silakan ketik services.msc lalu tekan Enter.
  3. Setelah halaman Layanan Sistem terbuka, silakan gulir ke bawah dan cari tahu Layanan dukungan Bluetooth.
  4. Jika sudah menemukannya, silahkan pilih dan klik kanan pada bagian tersebut dan pilih Barang.
  5. Setelah jendela baru muncul, silakan masuk ke tab Umum, dan pilih opsi Berhenti di bagian Service level jika service level sebelumnya sudah aktif.
  6. Selanjutnya, silakan mulai layanan lagi dengan mengklik Memulai di bagian itu.
  7. Ini sudah berakhir.

Lihat Driver Bluetooth

Bluetooth yang tersedia di laptop dapat berfungsi jika ada program driver. Namun, program ini adalah driver bluetooth, yang layanan manajemen bluetoothnya dan pengaturan bluetooth yang tersedia juga merupakan bagian dari driver ini.

Nah, ketika driver tidak kompatibel dengan perangkat, bluetooth laptop mungkin tidak tersedia. Untuk itu, coba lihat perbaikan driver untuk mengatasi ini. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama silahkan buka Device Manager terlebih dahulu dengan menekan tombol komponen Windows + R lalu menulis devmgmt.msc lalu tekan Enter.
  2. Setelah Device Manager terbuka, silahkan masuk ke menu bluetooth lalu pilih perangkat atau driver bluetooth laptop Anda.
  3. Silakan klik kanan pada perangkat / driver dan pilih Peningkatan Pengemudi.
  4. Pada halaman selanjutnya yang muncul silahkan pilih bluetooth driver update. Jika laptop Anda online, dapat ditingkatkan dengan memilih opsi Cari sendiri untuk perangkat lunak driver yang diperbarui.
  5. Setelah memilih opsi pencarian otomatis, sistem akan mencari driver bluetooth versi terbaru, dan jika ditemukan, sistem akan menginstalnya secara otomatis.
  6. Ini sudah berakhir.

Instal ulang Driver

Saat Anda mencoba mengupgrade driver di atas, tetapi hasilnya kosong, mungkin driver yang diinstal kotor atau bermasalah sehingga bluetooth tidak terdeteksi dan tidak dapat digunakan. Namun, solusi lain yang mungkin adalah menginstal (menginstal ulang) driver Bluetooth.

Untuk akses mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mulailah dengan membuka Windows Explorer, dengan mengklik tombol Selesai Windows + E.
  2. Selanjutnya silahkan klik kanan pada PC/Komputer ini dan pilih Barang.
  3. Anda kemudian akan menginstal pengaturan Windows, silakan klik pada menu Pengaturan perangkat ada di sisi kanan halaman.
  4. Jika Anda telah menginstal Pengelola Perangkat, silakan klik panah di sebelahnya bluetooth lalu pilih driver untuk laptop/perangkat anda.
  5. Selanjutnya silahkan klik kanan dan pilih Hapus Alat.
  6. Tunggu hingga proses penghapusan selesai, setelah itu silahkan restart komputer atau desktop anda.
  7. Sekarang, setelah perangkat dibuka kuncinya, sistem akan me-restart driver / perangkat itu sendiri, dan seringkali adaptor bluetooth yang belum ditemukan akan kembali normal.

Lakukan Pemecahan Masalah

Konfigurasi pemecah masalah di Windows dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di Windows, salah satunya adalah bluetooth laptop tidak terdeteksi. Dengan menjalankan Troubleshoot, sistem akan mendeteksi sumber masalah dan dapat segera memberikan saran perbaikan.

Berikut cara mengatasi masalah bluetooth:

  1. Pertama, silakan buka Pengaturan Jendela dulu.
  2. Setelah menginstal pengaturan Windows, silakan pilih menu Pembaruan & Keamanan.
  3. Di sebelah halaman peningkatan dan keamanan, silakan klik tab Troubleshoot, lalu klik menu Solusi untuk masalah lain di bagian itu.
  4. Jika demikian, silakan pilih menu bluetoothlalu klik Opsi Masukkan solusi untuk masalah di bawahnya untuk mulai menyelesaikan masalah melalui bluetooth.
  5. Tunggu hingga proses troubleshooting selesai, kemudian jika terjadi masalah maka akan muncul hasil pada halaman masalah beserta rekomendasi kemungkinan perbaikannya.
  6. Ini sudah berakhir.

Sekarang, setelah saran perbaikan muncul, Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang diselesaikan untuk menyelesaikan masalah bluetooth.

Ubah Panduan Pengemudi

Jika driver laptop bluetooth bermasalah dan tidak dapat diperbaiki secara moderat oleh sistem 4 dan 5 langkah, maka Anda perlu mengganti driver secara manual. Coba gunakan cara ini, karena biasanya sangat efektif untuk menangani laptop bluetooth yang tidak ditandai karena kesalahan driver.

Nah, prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Pada dasarnya, silahkan buka browser yang paling sering digunakan di laptop Anda, dan kunjungi situs resmi driver untuk jenis laptop Anda.
  2. Anda dapat menggunakan kata kunci Mokhanni “Merek Laptop” kemudian buka hasil pencarian yang muncul.
  3. Kemudian, setelah situs terbuka, silahkan masukkan serial number atau jenis laptop pada kolom pencarian. Jika demikian, silakan.
  4. Setelah hasil muncul, silahkan pilih bagian driver, lalu unduh driver bluetooth ada di halaman itu.
  5. Setelah unduhan selesai, Anda dapat langsung menginstalnya dengan cara biasa.
  6. Ini sudah berakhir.

Gunakan Adaptor Bluetooth

Bagaimana jika masih tidak berhasil? Nah, jika Anda sudah mencoba semua cara yang sudah kami sebutkan di atas, namun bluetooth laptop tidak tersedia dan tidak bisa digunakan, maka ada kemungkinan komponen bluetooth laptop Anda rusak.

Jika ada bagian yang bermasalah seperti ini, mau tidak mau harus diservis atau diganti. Tapi memperbaiki bagian laptop agak rumit, dan bisa sangat mahal. Jadi, saya sarankan menggunakan solusi lain yang lebih efisien, yaitu menggunakan adaptor bluetooth.

Adaptor bluetooth mengacu pada disk USB kecil dengan chip bluetooth di dalamnya sehingga Anda dapat menggunakan adaptor bluetooth untuk menghubungkan atau berbagi file secara nirkabel. Menggunakan adaptor bluetooth ini sangat mudah, karena Anda tinggal mencolokkan dan menyambungkannya.

Kemudian, Anda dapat membeli adaptor bluetooth ini di toko laptop atau komputer terdekat. Harganya juga bervariasi, ada yang murah dan ada yang sedang, tergantung jenisnya.

Kata terakhir

Itulah tadi pembahasan tentang cara mengatasi bluetooth laptop not found. Semua solusi untuk masalah bluetooth yang kami ketahui telah dieksplorasi sepenuhnya dalam artikel ini, jadi Anda pasti akan dapat memecahkan bluetooth yang tidak tersedia.

Saat ini sudah banyak proses atau mode untuk mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lain yang dapat Anda gunakan, tetapi transfer file bluetooth masih banyak digunakan dan sebaliknya, diinginkan karena sederhana dan umum.

Itu semua berasal dari kami, semoga bermanfaat dan membantu.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-bluetooth-laptop-tidak-terdeteksi/


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news