Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mudah Menaklukkan Perangkat USB Anonim di OS Windows

Dalam bahasa USB adalah singkatan dari Bus Seri Universal dan USB adalah konektor yang umum digunakan untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya. Misalnya, menghubungkan keyboard, printer, mouse, atau perangkat serupa ke komputer.

Selain itu, terkadang saat Anda menghubungkan perangkat USB ke PC atau laptop, komputer Anda tidak dapat mendeteksi perangkat yang terhubung. Biasanya karena kesalahan interpretasi perangkat USB atau tidak berfungsi, dan Anda akan menerima pesan seperti “Perangkat USB Tidak Dikenal (Permintaan Permintaan Definisi Perangkat)”.

Masalah ini biasanya terjadi pada perangkat dengan OS Windows 10, dan pesan perangkat USB anonim tiba-tiba muncul. Akibatnya perangkat USB yang Anda sambungkan ke komputer atau laptop tidak terlihat.

Cara Mengatasi Perangkat USB Tidak Dikenal

Sebelum Anda masuk ke proses penyelesaian perangkat USB yang tidak dikenal, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab masalahnya. Ada dua kemungkinan penyebab kesalahan perangkat USB yang tidak diketahui, masalah perangkat USB, atau masalah sistem Windows.

Jika masalahnya adalah perangkat keras, port atau konektor USB mungkin tidak berfungsi atau rusak, dan perangkat yang Anda gunakan, seperti keyboard, mouse, dll., mungkin rusak. Sedangkan pada aplikasi Windows disebabkan oleh file corrupt, USB driver error, salah setting, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi Perangkat USB Tidak Dikenal (Deskripsi Perangkat Gagal) silakan lihat prosedur yang telah kami cantumkan di bawah ini.

Instal ulang Driver USB

Idealnya, driver USB standar harus diinstal secara otomatis di PC Windows atau OS laptop. Namun terkadang USB driver yang terinstall mengalami masalah, jadi disini tidak ada salahnya jika anda mencoba restore USB driver tersebut.

Ini bisa menjadi langkah awal dalam mengatasi masalah USB Device yang tidak diketahui. Sekarang, inilah langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Pertama, buka Pengaturan perangkat dengan menekan tombol campuran Windows + R
  2. Di bagian Buka, silakan ketik devmgmt.msc lalu tekan Memasuki.
  3. Setelah itu silahkan buka kolom Operator bus Serial Universal.
  4. Jika demikian, cari perangkat USB yang Anda sambungkan dengan pesan “permintaan deskripsi gagal”.
  5. Kemudian setelah menemukannya, langsung klik pada perangkat dan Menghapus Perangkat.
  6. Terakhir, restart komputer atau laptop Anda dan USB driver akan dimasukkan kembali. Jangan lupa untuk memeriksa perangkat untuk kesalahan.

Pembaruan Driver USB

Selain menginstal, Anda juga dapat mengupgrade driver dari perangkat USB yang terhubung ke laptop atau komputer Anda. Karena terkadang driver yang tidak dimodifikasi akan menyebabkan kesalahan dan bisa menjadi penyebab perangkat USB yang tidak dikenal.

Berikut cara memperbarui driver USB Anda:

  1. Buka menu start, lalu di kolom pencarian, silakan ketik Pengaturan perangkat.
  2. Klik dua kali pada menu.
  3. Kemudian akan muncul tab baru, silahkan pilih perangkat USB yang anda gunakan. Misalnya, di sini perangkat USB saya adalah mouse jadi saya memilih Tikus dan perangkat penunjuk lainnya.
  4. Selanjutnya, klik kanan perangkat yang Anda gunakan, dan pilih Peningkatan Pengemudi.
  5. Kemudian pilih opsi Temukan drivernya sendiri. Kemudian, ikuti prosedur di bawah ini.
  6. Ini sudah berakhir.

Tutup Alat Mulai Cepat

Fitur fast start di komputer atau laptop Anda memiliki keunggulan dalam mempercepat proses booting Windows. Dengan menggunakan ini, Windows akan mempercepat lebih cepat dari biasanya, tetapi terkadang ini menyebabkan virus yang menyebabkan beberapa fungsi Windows crash.

Ini juga salah satu penyebab masalah dengan USB, yang merupakan perangkat USB anonim. Untuk memperbaikinya, harap nonaktifkan fitur dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, masuk ke menu situs pencarian Windows.
  2. Setelah jenis itu panel kendali.
  3. Setelah hasilnya muncul, silakan klik dua kali untuk membuka Control Panel.
  4. Masukkan istilah pencarian, ketik Opsi Dayalalu masuk.
  5. Kemudian klik menu Ubah fungsi tombol daya.
  6. Lalu klik Ubah Pengaturan Tidak Tersedia Sekarang.
  7. Hapus penanda dari Terima kasih untuk Startup Cepat.
  8. Restart laptop atau komputer Anda, dan selesai.

Tingkatkan Driver Hub Umum USB

Salah satu hal yang tidak terlalu diperhatikan oleh pengguna Windows adalah hub driver USB yang terpasang di perangkat mereka sudah usang, sehingga tidak berfungsi dengan benar. Fungsi dari driver USB standar adalah untuk membaca perangkat USB yang terhubung ke laptop atau komputer.

Dengan memperbarui driver, Anda dapat memperbaiki kesalahan perangkat USB yang tidak dikenal. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka menu start, lalu di kolom pencarian, silakan ketik Pengaturan perangkat.
  2. Klik dua kali pada menu.
  3. Kemudian buka kolom Komandan Bus Universal.
  4. Kemudian klik kanan Hub USB Umumlalu pilih opsi Perbaikan.
  5. Selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah yang muncul di jendela wizard.
  6. Semoga beruntung.

Penangguhan Selektif USB Koala

Di sistem operasi Windows, bagian opsi USB digunakan untuk menempatkan salah satu port USB dalam mode berhenti, tetapi tidak memengaruhi kinerja port USB lainnya. Fitur ini dapat bekerja paling baik jika driver perangkat USB sudah mendukung opsi stop.

Terkadang ada orang yang menggunakan fitur ini tetapi perangkat USB tidak mendukung pilihan penghentian, menyebabkan kesalahan dan muncul pesan “Perangkat USB Tidak Dikenal (Aplikasi untuk Descriptor Gagal)” muncul. Jadi, mematikan fitur ini adalah solusi untuk masalah ini.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, masuk ke menu situs pencarian Windows.
  2. Setelah jenis itu panel kendali.
  3. Setelah hasilnya muncul, silakan klik dua kali untuk membuka Control Panel.
  4. Masukkan istilah pencarian, ketik Opsi Dayalalu masuk.
  5. Kemudian klik menu Ubah pengaturan hemat energi.
  6. Lalu klik Ubah Pengaturan Tata Letak dengan opsi daya yang Anda suka.
  7. Jika sudah, klik Ubah Pengaturan Daya Lanjutle
  8. Ubah pengaturan USB opsional ho Dia cacat.
  9. Selesai, kemudian restart komputer atau desktop Anda.

Cobalah untuk membuat masalah

Jika Anda telah mencoba metode di atas tetapi masih tidak dapat menyelesaikan masalah Perangkat USB tidak dikenal, Anda mungkin harus menyelesaikan Windows. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber masalah secara sistematis dan menghilangkan potensi penyebab masalah.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Buka dulu panel kendali.
  2. Kemudian ketik kata kunci Menyelesaikan masalah di bidang pencarian di Panel Kontrol.
  3. Kemudian tekan tombol Temukan dan Perbaiki Masalah.
  4. Setelah itu, Anda akan dibawa ke tab baru, silakan pilih Solusi untuk masalah lain.
  5. Gulir ke bawah untuk melihat dan memulai program pemecahan masalah, silakan klik alat yang bermasalah lalu klik teks Masukkan solusi untuk masalah turun.
  6. Tunggu hingga masalah terdeteksi, dan sebuah jendela akan menampilkan masalah yang dihadapi.

Setelah selesai, Anda hanya perlu memindahkan instruksi yang tercantum di layar. Karena masalah yang muncul bisa berbeda-beda, setiap laptop atau komputer berbeda-beda dan dalam kondisi tertentu akan menimbulkan masalah yang berbeda pula.

Lihat Perangkat USB Eksternal

Jika Anda telah mencoba semua metode di atas tetapi masalahnya adalah Perangkat USB Tidak Dikenal belum teratasi, ada kemungkinan masalahnya tidak memiliki sistem Windows di laptop atau PC Anda. Tapi itu tersedia di perangkat USB eksternal, atau mungkin port USB Anda yang rusak.

Coba periksa USB perangkat yang Anda gunakan untuk melihat apakah konektor USB rusak atau rusak. Jika konektor USB kotor, bersihkan dengan sikat kecil atau gunakan kapas. Karena bisa jadi USB yang kotor bisa jadi penyebab masalahnya.

Selanjutnya, jika konektor USB pada perangkat yang Anda gunakan rusak, silakan cabut kabel USB dengan yang baru. Jika sudah berubah tapi tetap tidak bisa, silahkan coba di laptop atau perangkat lain, untuk memastikan perangkat USB yang Anda gunakan berfungsi atau tidak.

Setelah Anda mengujinya di komputer atau laptop lain dan berfungsi dengan baik, maka pastikan port USB di laptop atau komputer Anda rusak dan perlu diganti. Jadi bawalah laptop atau komputer Anda ke service center komputer terdekat.

Kata terakhir

Mungkin sudah cukup banyak literatur tentang cara mengatasi Unknown USB Device di Windows 10 yang bisa kami bagikan. Kami berharap strategi yang kami cantumkan di atas dapat menjadi panduan dan membantu Anda mengatasi masalah perangkat USB anonim.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-unknown-usb-device/