Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Tutup (Tuma)

Semua perangkat elektronik seperti laptop terkadang mengalami masalah. Ya namanya juga buatan manusia, nyatanya tidak lepas dari kekurangan. Salah satu masalah yang terjadi pada laptop dan sering dialami oleh pengguna laptop yang lebih tua adalah laptop tidak bisa dimatikan atau dimatikan.

Hal ini tentu sangat meresahkan, karena menurut sistem operasi, jika kita sudah selesai menggunakan laptop kita harus mematikannya dengan fitur shutdown yang disediakan. Laptop ini tidak bisa menutup masalah yang biasanya terjadi pada laptop Windows 7, namun terkadang juga terjadi pada Windows 10.

Ada dua jenis casing laptop yang tidak bisa dimatikan, yang pertama laptop tidak bisa mati sama sekali, dan yang kedua laptop bisa mati tapi mesin, kipas dan lampu menyala seperti menyala. laptop ada. itu masih berfungsi. Penyebabnya sendiri bervariasi, tetapi sebagian besar disebabkan oleh kesalahan sistem Windows.

Cara Menangkan Laptop Tidak Mau Tutup

Masalah laptop windows tidak bisa dimatikan (shut down) ini memang tidak mudah. Untuk memperbaikinya Anda mungkin perlu memperbaiki sistem yang bermasalah, memulihkan sistem atau bahkan jika penyebabnya cukup kuat, Anda harus menginstal ulang Windows.

Tidak, untuk pembahasan lengkapnya, kamu bisa membaca ulasannya di bawah ini!

Hapus Mulai Cepat

Dalam beberapa kasus laptop tidak dapat dimatikan, yang lain jauh lebih mudah dikendalikan dengan mematikan start segera. Anda juga dapat mencoba untuk mengatasi laptop tidak dapat dimatikan (turn off) dengan cara mematikan fitur start Windows secara cepat. Fitur ini berfungsi selamanya, tetapi jika kami mematikannya juga tidak masalah.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R lalu ketik Control Panel dan tekan Enter.
  2. Anda kemudian akan pergi ke halaman utama Panel Control. Di bagian ini harap ubah Melihat Itu berubah Gambar kecil lalu pilih Opsi Daya.
  3. Setelah masuk ke menu Power Options, silahkan pilih Pilih apa yang dilakukan tombol daya di sisi kiri halaman.
  4. Jika demikian, silakan klik Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia.
  5. Selanjutnya Menutup pengaturantolong hapus ulasannya Pesan mulai cepat (disarankan).
  6. Terakhir, silakan klik Simpan perubahan melaksanakan reformasi.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, biasanya laptop akan mati secara otomatis. Silahkan coba matikan laptop dan restart seperti biasa, tapi jangan heran jika start komputer memakan waktu lebih lama dari biasanya. Ini karena jadwal cepat yang sudah Anda tutup sebelumnya.

Gunakan Prompt Perintah

Command Prompt (CMD) adalah alat Windows standar dengan banyak manfaat. CMD juga banyak digunakan untuk memperbaiki sistem Windows di laptop atau komputer. Agar dapat memperbaiki dengan CMD Anda harus menggunakan perintah khusus.

Salah satu petunjuk khusus ini bisa digunakan untuk mengatasi laptop yang tidak bisa dimatikan. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit Windows + R.
  2. Setelah itu, di bagian Buka, silakan ketik cmd lalu tekan Enter.
  3. Jika demikian, Command Prompt akan terbuka. Di bagian ini, silakan masukkan jenis perintah shutdown.exe -s.
  4. Setelah itu tinggal tekan Enter.
  5. Anda kemudian akan menerima pesan peringatan bahwa windows akan ditutup atau ditutup.
  6. Selesai, laptop bisa dimatikan.

Virus murni

Virus sebenarnya dapat melakukan berbagai hal yang sangat merugikan, salah satunya adalah menghapus file sistem atau registry. Padahal, jika ada dua file yang hilang, maka akan muncul masalah di Windows, misalnya laptop tidak mau mati (shut down).

Untuk itu silahkan lakukan tes virus dan bersihkan virus jika terjadi. Anda bisa menggunakan software antivirus tambahan seperti Avast, Avira, atau lainnya. Namun, jika Anda tidak menggunakannya, Anda dapat menggunakan Windows defender untuk membersihkan virus.

Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama, instal menu pencarian Windows.
  2. Selanjutnya, ketik Keamanan Windowslalu tekan Enter.
  3. Jika Anda telah menginstal menu Keamanan Windows, silakan pilih Perlindungan virus dan serat di sebelah kiri, lalu tekan Opsi pemindaian.
  4. Setelah itu, pilih gaya yang Anda inginkan, tetapi saya sarankan memilih gaya yang Anda inginkan Masuk penuh. Kemudian lakukan pemindaian dengan mengklik Memindai sekarang.
  5. Tunggu hingga proses pendeteksian virus selesai, setelah itu silahkan hapus virus yang muncul setelah pengujian.
  6. Ini sudah berakhir.

Perbaiki Registri

Jika setelah melakukan pengujian virus seperti sebelumnya dan Anda menemukan virus yang menyerang laptop Anda, maka ada kemungkinan registry Windows rusak. Nah, tergantung pada ini, Anda perlu memperbarui registri agar tidak ada masalah dengan Windows.

Di sisi lain registry sudah disusupi virus, mungkin berdampak pada laptop yang tidak bisa dimatikan (shut down). Untuk ini, silakan lakukan perbaikan registri menggunakan alat CCleaner. Anda dapat melihat cara melakukannya di bawah ini:

  1. Pertama-tama silahkan uninstall terlebih dahulu tool CCleaner.
  2. Setelah unduhan selesai, silakan instal perangkat seperti biasa.
  3. Setelah selesai, buka CCleaner. Kemudian pada halaman utama aplikasi silahkan masuk ke menu Paling.
  4. Selanjutnya, silakan pilih opsi Lihat Masalah periksa registri untuk kerusakan atau masalah.
  5. Harap tunggu hingga proses penyaringan selesai, lalu silahkan pilih Perbaiki Masalah yang Dipilih.
  6. Jika sebuah pesan muncul Apakah Anda ingin menyimpan registri sebelum membuat perubahan? silahkan klik saja Ya.
  7. Langkah selanjutnya tinggal menunggu proses perbaikan selesai.

Masukkan Pintasan Standar

Pintasan di Windows adalah gambar yang disematkan di Desktop atau Menu Mulai. Pintasan ketika diklik akan membuka program atau menjalankan perintah tertentu. Sekarang, di sini kita dapat menggunakan klip khusus untuk menjalankan perintah shutdown khusus di Windows.

Proses untuk melakukannya lagi sederhana, untuk lebih jelasnya, silakan lihat prosesnya di bawah ini:

  1. Pertama, silakan instal halaman tema Windows terlebih dahulu, lalu arahkan ke bagian atas halaman yang kosong.
  2. Setelah itu silahkan klik kanan pada touchpad atau mouse tersebut, dan pada jendela kecil yang muncul silahkan pilih Baru lalu pilih Jalan pintas.
  3. Jika sudah, akan muncul jendela Create Shortcut. Dengan mengetuk lokasi bagian item, silakan ketik Koala / s / t 0 lalu tekan Lanjut.
  4. Di halaman berikutnya, silakan masukkan nama apa saja di bidang Tulis nama untuk pintasan ini. Pada contoh di bawah ini saya menulis Normal Shutdown.
  5. Selanjutnya, tekan tombol Menyelesaikan.
  6. Nah, setelah bagian penutup berhasil dibuka, Anda tinggal memindahkannya dengan mengklik dua kali tombol untuk menutup celah yang dibuat sebelumnya.
  7. Untung dan semoga dengan cara ini laptop bisa mati dengan normal.

Matikan paksa

Setelah Anda mencoba semua metode yang telah kami sebutkan di atas dan ternyata laptop masih tidak dapat dimatikan (shut down), maka Anda mungkin perlu mematikan laptop secara paksa. Meskipun metode ini berhasil, tidak disarankan kecuali benar-benar diperlukan.

Caranya tekan tombol power agak lama, dan jika berhasil maka laptop akan mati. Sementara itu, jika laptop tidak mau dimatikan, harap segera cabut baterainya. Walaupun cara ini sangat efektif, namun terkadang ada resiko merusak hardware jika dilakukan secara rutin.

Mulai ulang / Perbaiki Windows

Jika dengan melakukan semua cara di atas, Anda dan laptop masih tidak bisa dimatikan (shut down) secara normal, maka ada kemungkinan ada masalah dengan OS Windows yang Anda gunakan. Dalam beberapa kasus, masalah ini disebabkan oleh file program yang rusak yang mencegah shutdown bekerja sama sekali.

Namun sayangnya kerusakan tersebut sudah tidak terdeteksi lagi dan tidak dapat diperbaiki oleh sistem seperti pada registrasi sebelumnya. Jadi solusi terakhir adalah dengan mereset atau me-refresh Windows yang Anda gunakan. Di sini kami merekomendasikan pra-restart daripada regenerasi.

Berikut cara mengatur atau memperbarui Windows:

  1. Pertama, silakan tekan tombol komponen Windows + saya untuk membuka Pengaturan.
  2. Jika sudah terbuka, silakan masukkan daftar Pembaruan & Keamanan.
  3. Selanjutnya, pilih Pemulihan di sebelah kiri sekarang cari Startup tingkat lanjut lalu tekan opsi Restart sekarang.
  4. Selanjutnya Anda akan dibawa ke Bagaimana memulihkan.
  5. Di bagian itu, silakan pilih menu Penyelesaian masalah.
  6. Setelah menyelesaikan masalah, Anda akan mendapatkan opsi Perbarui PC Anda le Setel ulang PC Anda. Di bagian ini, saya sarankan memilih Refresh dulu.
  7. Tunggu hingga proses perpanjangan selesai.
  8. Jika sudah selesai dan install sistem seperti biasa, silahkan coba gunakan shutdown seperti biasa apakah sudah normal atau tidak.

Terkadang refresh dapat memperbaiki masalah sistem dan program pada laptop dan dapat diperbaiki tanpa kehilangan semua data yang tersimpan. Namun jika setelah melakukan reset laptop tetap tidak bisa shutdown secara normal, silahkan lakukan reset windows.

Perlu diketahui bahwa proses reset akan menghapus data yang ada dari laptop dan membuatnya terlihat baru kembali. Jadi Anda harus melakukan backup data sebelum Anda mengatur laptop. Dan proses pemulihan dijelaskan di atas, dan Anda hanya perlu memilih Setel ulang PC Anda di menu pemecahan masalah.

Baca Juga : Cara Menang Laptop tidak mau terbuka

Kata terakhir

Mungkin cukup sekian pembahasan kita tentang cara mengatasi laptop yang tidak bisa dimatikan (dimatikan). Strategi-strategi di atas disusun menjadi serangkaian masalah, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Jika penyebabnya masih sederhana, Anda jelas akan bisa mengatasinya dengan mudah dan tidak perlu restart Windows.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bermanfaat. Terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mengatasi-laptop-tidak-bisa-shutdown/