Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Transfer File Dari HP Ke Laptop Dengan Cepat

Terkadang memindahkan file melalui ponsel seperti dokumen, foto, atau video ke laptop diperlukan. Mungkin karena ponsel Anda penuh dan Anda membutuhkan perangkat penyimpanan lain atau karena alasan lain.

Perawatan lengkap sering menjadi masalah umum. Ini karena perangkat penyimpanan memiliki keterbatasan. Orang seperti itu, ketika tidak diberi penyimpanan apa pun masih belum cukup, hehe.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menghapus file yang sudah tidak Anda perlukan lagi. Namun, jika Anda tidak ingin menghapus file tersebut, Anda sebenarnya dapat memindahkannya ke penyimpanan laptop Anda.

Cara Transfer File dari HP ke Laptop

Untuk mentransfer file dari ponsel ke laptop, ada banyak cara yang bisa Anda coba. Mulai dari cara yang paling umum yaitu menggunakan kabel data dan menggunakan bluetooth.

Selain dua cara di atas, masih banyak cara untuk mentransfer file dari ponsel ke laptop. Bagi anda yang belum mengetahui cara transfer file dari hp ke laptop silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Menggunakan Kabel Data

Kabel data adalah perangkat keras yang menghubungkan komputer dan perangkat lain. Dengan kata lain, kabel data bisa disebut sebagai alat sinkronisasi antara ponsel Anda dengan laptop atau komputer Anda.

Umumnya kabel data digunakan untuk melayani HP, mengupgrade software HP, mengganti nomor IMEI, memindahkan file dan lain sebagainya. Kabel data adalah satu-satunya cara untuk menghubungkan, fungsinya tergantung pada perangkat lunak yang Anda gunakan.

Berikut cara memindahkan file dengan cepat dari ponsel ke laptop melalui kabel data:

  1. Konfigurasikan kabel data yang mendukung transfer file (tidak hanya untuk pengisian daya).
  2. Silakan hubungkan ke ponsel dan laptop Anda.
  3. Tunggu hingga notifikasi muncul di ponsel Anda, lalu pilih mode Transfer berkas.Kemudian buka Penjelajah Berkas di laptopmu. Seringkali akan muncul drive baru yang sesuai dengan nama ponsel yang Anda gunakan. Sebagai contoh disini saya menggunakan hp Redmi 6.
  4. Tekan drive, pilih penyimpanan internal atau eksternal. Setelah itu, file-file di ponsel Anda akan muncul.
  5. Pilih file yang ingin Anda pindahkan. Jika Anda ingin memindahkan lebih banyak file, Anda dapat menekan tombol CTRL sambil menekan mouse untuk memilih file.
  6. Terakhir, yang harus Anda lakukan adalah membawanya ke penyimpanan di laptop Anda.

Menggunakan Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi komunikasi nirkabel untuk genre multimedia. Fungsi Bluetooth adalah untuk bertukar informasi antar setiap perangkat.

Berikut cara mentransfer file dari ponsel ke laptop melalui Bluetooth:

  1. Aktifkan Bluetooth di ponsel Anda.
  2. Setelah itu, buka laptop Anda dan ketik di area pencarian, lalu klik Bluetooth.Setelah itu akan muncul tab baru nyalakan Bluetooth di laptop Anda dan tekan Instal Bluetooth atau perangkat lain.
  3. Kemudian pilih Bluetooth, Kemudian pilih ponsel Bluetooth Anda dan hubungkan.
  4. Jika demikian, kembali ke ponsel Anda, dan buka Manajer berkas.
  5. Pilih file yang akan ditransfer ke laptop, tekan dan tahan beberapa saat hingga muncul opsi Bagikan melalui Bluetooth.Setelah itu akan muncul pilihan, tinggal pilih Bluetooth tujuan Anda.

Menggunakan Pembaca Kartu Memori

Card reader adalah alat unik yang berfungsi untuk membuat kartu memori berjalan di laptop atau PC. Biasanya berbentuk seperti flash drive dan memiliki banyak lubang untuk memasukkan berbagai jenis kartu memori

Cara mentransfer file dari ponsel ke laptop melalui pembaca kartu:

  1. Keluarkan kartu memori dari telepon Anda, dan masukkan ke dalam pembaca kartu.
  2. Hubungkan pembaca kartu ke laptop Anda, dan tunggu beberapa saat hingga pembaca kartu terbaca.
  3. membuka Penjelajah Berkas, dan masukkan kartu memori. Sering disebut Drive USBE.
  4. Kemudian, silakan pindahkan file yang Anda inginkan, Anda dapat membuatnya dengan itu memotong atau salinan.
  5. Jika Anda memiliki satu, silakan sedikit untuk menyimpan laptop Anda.

Menggunakan Aplikasi SHAREit

SHAREit adalah alat transfer file yang terkenal di kalangan pengguna HP Android. SHAREit sedang menyiapkan jaringan Hotspot dan WiFi khusus yang akan menghubungkan perangkat pengirim dan penerima.

Selain itu, SHAREit juga tersedia untuk pengguna komputer. Jadi kita bisa mentransfer file dari laptop ke ponsel atau dari ponsel ke laptop. Berikut akan kami tunjukkan cara mentransfer file dari HP ke laptop melalui SHAREit :

  1. Unduh dan instal SHAREit di ponsel dan laptop Anda. Anda dapat mengunduh SHAREit untuk PC di sini.Buka SHAREit di ponsel Anda, lalu pilih opsi mengirim.
  2. Pilih file yang ingin Anda kirim ke laptop Anda, jika Anda telah memilih opsi mengirim.
  3. Kemudian SHAREit di ponsel Anda akan menerima sinyal dari SHAREit di laptop Anda.
  4. memilih Hubungkan PC lalu pilih opsi Ya.
  5. Buka perangkat SHAREit di laptop Anda, lalu buka barcode dengan memilih opsi Klik di sini untuk terhubung.
  6. Buka SHAREit di ponsel Anda, lalu pindai kode batang untuk terhubung.
  7. Tunggu hingga koneksi berhasil, maka file akan terkirim secara otomatis.

Menggunakan Aplikasi ShareMe

ShareMe adalah alat yang efektif untuk transfer antar perangkat. ShareMe menggunakan fitur khusus WiFi yang memungkinkan untuk mengirim file melalui perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Berikut cara transfer file dari HP ke Laptop :

  1. Buka perangkat ShareMe di ponsel Anda, jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mengunduhnya dari Play Store.
  2. Di awal acara, silakan gulir ke bawah dan pilih Bagikan di PC.Lalu klik Awal, menghubungkan laptop dan ponsel ke jaringan yang sama. Biasanya di ShareMe ada alamat yang harus diperhatikan. Sebagai contoh ftp://192.168.1.4:2121
  3. Buka file explorer dan di menu PC ini silakan masukkan alamat.Jika Anda mengklik memasuki, maka akan muncul file dari HP anda.
  4. Menggunakan Aplikasi Cloud

Selain menggunakan fitur di atas, Anda dapat menggunakan fungsi cloud seperti Google Drive. Google Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan data di server mereka, untuk menghubungkan data ke perangkat yang berbeda dan untuk berbagi file dengan orang lain.

Cara mentransfer file dari ponsel ke laptop menggunakan Google Drive:

  1. Buka perangkat Google Drive di ponsel Anda dan tekan tombol plus di sudut kanan bawah.Pilih file yang ingin Anda instal, dan tunggu hingga proses penginstalan selesai.
  2. Buka Google Drive di laptop Anda, lalu masuk ke akun yang sama dengan ponsel Anda.
  3. Di menu Drive saya file yang Anda unduh dari ponsel akan muncul.Setelah selesai, Anda dapat mengakses file tadi di laptop.

/