Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Cara Menguji Versi Windows untuk Laptop dan Komputer

Sekarang kebanyakan PC atau laptop yang dijual di pasaran sering kali menyertakan sistem Windows di dalamnya. Jadi, Anda tidak perlu lagi membeli DVD Windows tambahan untuk diinstal di komputer atau desktop Anda. Harga lisensi OS Windows untuk satu perangkat desktop juga tidak murah.

Oleh karena itu, kehadiran dibuat Windows sangat membantu konsumen, karena dengan cara ini harga laptop atau PC hampir lebih murah daripada membeli OS dengan perangkat terpisah. Di sisi lain, terkadang kita lupa menanyakan OS Windows mana yang diinstal pada saat pembelian, sehingga kita tidak mengetahui versinya.

Jika demikian, kami mungkin juga perlu memeriksa sistem operasi Windows dalam keadaan tertentu dan bila perlu. Dari situ, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial untuk melihat jenis Windows saja yang digunakan pada komputer.

Program pengujian versi Windows

Mengecek versi Windows mungkin merupakan hal yang jarang dilakukan, namun saat kita membutuhkannya, kita harus melakukannya. Misalnya, jika Anda ingin menginstal aplikasi/program, Anda mungkin perlu memastikan bahwa sistem operasi yang digunakan, apakah memenuhi sistem minimum yang diperlukan atau tidak.

Tujuan lainnya adalah untuk menemukan jenis software yang kompatibel dengan sistem operasi Windows kita, sehingga dapat bekerja dengan baik di laptop atau komputer. Selain itu, fitur-fitur lain dari Windows / dukungan juga lebih mungkin untuk hadir di versi tertentu, jadi kami perlu memastikan bahwa kami dapat menggunakan fitur-fitur ini.

Saat memecahkan masalah teknis pada sistem, seperti menginstal atau memperbarui driver, Anda benar-benar perlu mengetahui jenis Windows yang digunakan untuk driver agar kompatibel dengan operasi normal, serta untuk laptop atau komputer, Anda tidak memiliki pengalaman. beberapa kesalahan karena jenis yang salah.

Cara memeriksa Versi Windows

Untungnya, kita bisa melihat versi Windows dari sekian banyak tipe yang ada di laptop atau komputer dengan sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menentukan tipe Windows yang Anda gunakan. Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan pada ulasan dibawah ini.

Jadi pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis ya?

Dengan Peralatan Administratif

System Properties adalah program yang tersedia di Windows yang berfungsi untuk menampilkan data sistem. Detail tentang sifat-sifat sistem ini hanya ditampilkan pada komponen utama atau umum saja. Namun, daftar ini juga berisi informasi tentang jenis Windows yang Anda gunakan.

Program ini tersedia di semua versi Windows, sehingga Anda dapat memeriksa properti sistem versi Windows sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan buka Setting dengan mengklik tombol Compose Windows + saya.
  2. Jika demikian, silakan masuk ke menu Pengelolaan.
  3. Kemudian, gulir ke bawah dan pilih Tentang.
  4. Nah, di bagian itu akan muncul informasi sistem, seperti bit Windows yang digunakan, versi Windows, dan sebagainya.
  5. Ini sudah berakhir.
  1. Masuk menu dulu Pengaturan.
  2. Jika demikian, silakan pergi ke menu Ubah Pengaturan PC di menu opsi di halaman.
  3. Selanjutnya, silahkan klik pada pilihan PC dan perangkat.
  4. Kemudian buka daftar rincian PC.
  5. Di bagian itu, Anda dapat melihat jenis desain yang digunakan dalam jenis Sistem. Untuk melihat OS Build, Anda perlu membuka menu Tentang Windows.
  6. Ini sudah berakhir.
  1. Untuk Windows 7, silakan buka opsi terlebih dahulu Memulai.
  2. Selanjutnya, silakan ketik Komputer dalam opsi pencarian.
  3. Setelah hasilnya muncul, silahkan klik kanan Komputer.
  4. Kemudian pilih opsi Barang-barang.
  5. Jika demikian, silakan Edisi Windowsmaka Anda akan menemukan Tentang Windows di sana.
  6. Kemudian, jika sudah, Anda akan mendapatkan informasi tentang jenis OS Build yang digunakan.

Oleh Dxdiag

Cara selanjutnya untuk mengecek tipe Windows apa yang Anda gunakan adalah dengan menggunakan dxdiag. Tidak, jika di menu pengaturan Anda akan menemukan informasi sistem umum, tetapi untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menggunakan dxdiag ini.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama, buka jendela Jalankan dengan menekan tombol Komposit jendela + R.
  2. Jika sudah muncul Run, silahkan ketik dxdiag di bagian Buka.
  3. Setelah itu silahkan klik oke.
  4. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman Alat pemindaian DirectX. Di bagian ini, silakan lihat kolom Sistem operasi untuk mendapatkan data sistem Windows.
  5. Ini sudah berakhir. Detail sistem yang ditampilkan sangat detail, benar.

Pada Windows generasi baru, Windows 10 dan 11, Anda akan mendapatkan tampilan yang sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Selain itu, tipe ini juga menghadirkan banyak peluang yang sebelumnya tidak tersedia.

Namun, pada generasi ini Anda dapat dengan mudah melihat data sistem dan Windows dengan mudah di menu Tentang. Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama silahkan buka kolomnya Cari Windows.
  2. Jika demikian, silakan ketik Tentang PC Anda.
  3. Setelah hasilnya muncul, silahkan buka klik dua kali atau dengan memilih opsi Membuka.
  4. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman informasi manajemen. Pada awalnya Anda akan melihat detail perangkat, seperti mencetak, mengetik, menginstal, membangun OS, dan sebagainya.
  5. Untuk melihat informasi Windows, silakan gulir ke bawah, atau pilih tab lain.
  6. Ini sudah berakhir.

Prompt Perintah Ka

Bagi para pemula pengguna laptop atau komputer biasanya tidak menggunakan Command Prompt. Karena Command Prompt (CMD) memang merupakan komponen lanjutan yang hanya bisa dikelola dengan mengakses kode-kode tertentu.

Ya, namun, dalam fitur ini sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan, terutama yang berkaitan dengan sistem. Namun, memeriksa versi Windows adalah salah satu hal yang dapat Anda lakukan di CMD.

Berikut adalah metodenya:

  1. Pertama, silakan tekan tombol komponen jendela + R untuk mengakses Jalankan.
  2. Selanjutnya, ketik cmd di bagian Buka.
  3. Selanjutnya, cukup klik oke.
  4. Jika demikian, Command Prompt akan terbuka. Di bagian ini, silakan masukkan perintah ver lalu tekan Memasuki.
  5. Tunggu sebentar sampai Masalah jenis Windows muncul di halaman itu.
  6. Perintah di atas hanya untuk pengujian versi Windows, jadi untuk informasi lebih lanjut tentang sistem, masukkan perintah info sistem | findstr / B / C: ”Nama OS” / C: ”Versi OS.
  7. Setelah itu, cukup tekan Enter dan informasi sistem akan ditampilkan.
  8. Ini sudah berakhir.

Menggunakan Winver

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan versi Windows di laptop atau PC adalah dengan menggunakan Winver. Winver sendiri merupakan singkatan dari Windows Version yang artinya dapat disimpulkan bahwa ini adalah bagian dari versi Windows.

Prosesnya sangat sederhana, detailnya adalah:

  1. Pertama, buka Jalankan dengan mengklik Windows + R.
  2. Setelah itu silahkan masuk ke opsi Open, lalu ketik Pemenang.
  3. Jika demikian, silakan klik oke atau tekan saja Enter.
  4. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman baru yang menampilkan informasi versi Windows yang Anda gunakan.
  5. Ini sudah berakhir. Data yang muncul adalah kode rilis Windows dan kode build.

Gunakan Aplikasi Speecy

Speecy adalah alat yang digunakan untuk memindai data di laptop atau komputer. Idealnya, untuk menampilkan detail fitur seperti RAM, prosesor, memori, informasi sistem, sistem operasi Windows, dan sebagainya.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama-tama, silakan unduh perangkat Specy terlebih dahulu.
  2. Setelah itu silahkan apply seperti biasa.
  3. Jika sudah, silahkan jalankan dan buka perangkat Speecy. Pada halaman awal Anda akan menemukan deskripsi desktop yang lengkap.
  4. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang versi Windows dan informasi sistem, silakan buka menu Sistem operasi.
  5. Ini sudah berakhir.

Kata terakhir

Nah itulah tadi pembahasan tentang cara mudah cek versi windows yang digunakan di komputer dan laptop. Tentu saja, untuk mendapatkan versi Windows, Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Tentang Sistem di pengaturan Windows.

Namun, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang informasi sistem, Anda harus menggunakan metode alternatif yang saya jelaskan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda yang ingin mengetahui jenis Windows apa yang Anda gunakan.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-cek-versi-windows/