Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Penggunaan NFC di Ponsel, Bukan Sekedar Cek Saldo eMoney

HP POCO dengan fitur NFC. (POCO Indonesia)

Kelasmekanik.com – Apa saja aplikasi NFC di ponsel yang bisa memudahkan pengguna? Ternyata keunggulan fitur NFC ini nggak cuma lihat masalah cash flow di eMoney lho.

POCO Indonesia dalam rilisnya berbagi penggunaan NFC dengan ponsel yang mereka luncurkan di pasaran. Termasuk POCO M3 Pro 5G yang sudah memiliki fitur ini.

Ponsel inilah yang sebenarnya menjadi inti dari POCO Indonesia saat ini. Pasalnya, POCO M3 Pro 5G memadukan chip yang handal dengan chipset MediaTek Dimension 700 5G dan fitur pendukung lainnya. Apalagi NFC sudah tersedia untuk perangkat ini.

Selain hadir di POCO M3 Pro 5G, fitur NFC juga tersedia di beberapa smartphone keluaran POCO Indonesia. Ini termasuk POCO X3 NFC, POCO X3 Pro, POCO X3 GT dan POCO F3.

Dengan demikian, hampir semua smartphone POCO memiliki fitur bernama NFC atau Near Field Communication. Selain itu, banyak penggemar smartphone yang terus-menerus menanyakan fitur fitur ini sebelum membeli smartphone.

POCO M3 Pro 5G.  (POCO Indonesia)
POCO M3 Pro 5G. (POCO Indonesia)

Apa saja perangkat NFC yang terpasang di smartphone?

Seperti yang diketahui banyak orang, NFC digunakan untuk mengecek jumlah uang elektronik yang digunakan untuk membayar pajak atau MRT.

Padahal, fungsinya jauh lebih kaya dari itu. Pasalnya, NFC merupakan teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data antar perangkat. Namun berbeda dengan bluetooth, jarak transmisi antar perangkat yang menggunakan NFC biasanya hanya 10 cm.

Terlepas dari masalah lokasi yang jauh, perbedaan antara NFC dan Bluetooth, biasanya dengan kinerja transmisi yang lebih cepat, konsumsi daya yang lebih sedikit, dan lebih aman. Setidaknya ada lima hal lain yang dapat Anda lakukan dengan NFC di ponsel Anda tanpa memeriksa uang elektronik Anda.

1. Bagikan data menggunakan Android Beam

Android Beam adalah fitur yang hadir di setiap smartphone Android dengan NFC. Fitur ini memungkinkan kita untuk berbagi data, termasuk kontak telepon dengan mendekatkan kedua perangkat untuk berbagi data.

Ini adalah teknologi berbagi data yang sangat menarik karena membutuhkan daya yang sangat kecil, meskipun tidak bertenaga.

Cara ini sangat sederhana, cukup pilih file yang ingin Anda bagikan, lalu pilih Android Beam sebagai opsi teknologi transfer.

2. Pembicara Bluetooth

Menghidupkan speaker berbasis bluetooth juga bisa dilakukan melalui NFC di smartphone. Bahkan hanya dengan satu sentuhan. Metode ini dikatakan cepat dan tidak menyertakan langkah sebanyak koneksi bluetooth standar.

3. Transaksi pembayaran

Untuk dapat menggunakan NFC sebagai metode pembayaran, pertama-tama kita membutuhkan permintaan pembayaran dari Google yang biasanya menjadi alat biasa untuk smartphone Android yang beredar.

Dari sini, kita harus memindainya dengan mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran, lalu menekan tombol Bayar.

4. Koneksi WiFi bersama

Anda dapat berbagi koneksi WiFi antar perangkat smartphone hanya dengan memperbesar kedua perangkat serta melakukan pemindaian. Misalnya, di hotel biasanya menawarkan perangkat yang disebut WiFi Porter.

Kemudian, terlebih dahulu pengguna smartphone berbasis NFC dapat mengakses WiFi secara langsung tanpa password, menempel pada smartphone hanya di lokasi tertentu, WiFi akan terhubung secara otomatis.

Ini adalah beberapa aplikasi NFC untuk ponsel selain hanya melihat saldo eMoney.



Sumber Artikel: https://www.hitekno.com/gadget/2022/02/21/105816/4-kegunaan-nfc-di-hp-tak-sekedar-cek-saldo-emoney