Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menghapus IDM untuk Membersihkan Root

Bagi Anda yang sering mendownload file secara online pasti tahu IDM (Internet Download Manager), bukan? Ya, menurut saya perangkat ini sangat populer di kalangan pengguna laptop atau komputer, mengingat berbagai fitur dan keunggulan yang dimilikinya.

Internet Download Manager sendiri sering digambarkan sebagai software downloader yang sering digunakan untuk mendownload / mendownload file dan data secara online. Software ini banyak digunakan karena kecepatan downloadnya yang tinggi.

Selain untuk download yang cepat, IDM juga mampu menjaga kestabilan kecepatan download, dan juga dapat digunakan untuk memulai (restart) download file yang di pause atau unfinished. Namun selain itu ada beberapa pengguna yang ingin meng-uninstall perangkat ini.

Alasan Uninstall IDM

Meskipun IDM memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda-beda, terkadang ada situasi dimana Anda harus menghapus IDM dari komputer atau laptop Anda. Penyebabnya mungkin karena beberapa masalah, seperti IDM tidak muncul di browser, atau mungkin karena Anda ingin mentransfer lisensi IDM ke perangkat lain.

Ya, apapun alasannya, yang jelas Anda tidak lagi membutuhkan IDM dan ingin menggantinya atau tidak ingin menggunakannya lagi. Dari sini, Anda sangat perlu mengetahui cara membersihkan IDM yang benar agar bisa bersih sampai ke akar-akarnya.

Untuk mengetahui caranya, silahkan baca artikel ini sampai habis!

Cara Menghapus IDM

Sebenarnya menghilangkan IDM hampir sama dengan menghilangkan proses pada umumnya. Namun, itu sering tidak menghapus tautan root, itulah sebabnya kami memberikan panduan di sini.

Yuk, intip ciri-cirinya di bawah ini!

Hapus IDM sepenuhnya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus IDM sepenuhnya. Hal ini bertujuan untuk menghapus data IDM dan file konfigurasi yang sebelumnya terinstal di perangkat. Nah untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka panel kendali dengan menekan tombol campuran jendela + Rlalu ketik panel kontrol dan tekan Enter.
  2. Jika sudah, Anda akan menginstal halaman Control Panel. Pada bagian ini silahkan pilih menu Hapus Program.
  3. Dia kemudian akan dibawa ke halaman Program dan fitur. Lihat alatnya Pengelola Unduhan Internet.
  4. Kemudian, klik kanan pada perangkat dan tekan Menghapus.
  5. Jika sudah maka akan muncul jendela IDM Uninstaller. Di sini, silakan pilih hanya opsi penuh (penuh) pada halaman tersebut, lalu klik Next.
  6. Tunggu hingga proses selesai.
  7. Setelah itu akan muncul notifikasi peringatan, silahkan klik saja oke dan laptop atau komputer akan restart.
  8. Setelah restart selesai, IDM telah dihapus dari perangkat Anda.

Membersihkan IDM sampai ke akar-akarnya, prosesnya tidak sampai di sini lho. Karena Anda juga harus membatalkan pendaftaran IDM.

Hapus Registri IDM

Setelah benar-benar menghapus IDM, bukan berarti semuanya bersih, baik-baik saja. Karena file registry IDM masih tersimpan di sistem dan tidak terhapus setelah dihapus. Oleh karena itu, Anda perlu menghapus registri secara manual.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, silakan ketika Anda menjalankan jendela dengan menekan tombol campuran Windows + R.
  2. Selanjutnya, ketik Regedit di bagian Buka, lalu klik OK.
  3. Jika sudah, maka Anda akan menginstal halaman Registry Editor. Tahap pertama, silakan pergi ke HKEY_CURRENT_USER> PERANGKAT LUNAK> Penulisan dan Pembuatan Versi Web Terdistribusi. Setelah itu silahkan klik kanan pada folder IDM tersebut, dan pilih Menghapus.
  4. Tahap kedua, silakan pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE> PERANGKAT LUNAK> Pengelola Unduhan Online. Hapus juga folder IDM di sana.
  5. Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, silakan restart perangkat Anda.

Bersihkan Registry dengan CCleaner

CCleaner sebenarnya memiliki dua fungsi utama. Atau, pindai dan hapus file yang tidak berguna termasuk pendaftaran yang tidak digunakan. Kedua, bersihkan data Anda seperti riwayat baca dan daftar file yang baru dibuka di berbagai program.

Namun, dalam hal ini kami akan menggunakan CCleaner untuk menghapus beberapa detail pendaftaran IDM yang tersisa. Ya, tujuannya agar proses penghapusan registry bisa diperbaiki, dan benar-benar akan bersih sampai ke akar-akarnya.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama-tama silahkan download software CCleaner sebelum website resminya.
  2. Setelah itu silahkan apply seperti biasa.
  3. Jika sudah, jalankan terus aplikasinya, setelah dibuka silahkan masuk ke menu Paling.
  4. Di bagian itu, silakan klik Pindai untuk Masalahlalu tunggu hingga pemindaian selesai.
  5. Selanjutnya, klik Opsi Perbaiki Masalah yang Dipilih untuk membersihkan semua registri yang tidak berguna.
  6. Ini sudah berakhir.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga (opsional)

Tanpa melakukannya secara manual dengan memanfaatkan fitur Windows seperti sebelumnya. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menghapus aplikasi dari laptop atau komputer Anda dan dapat memurnikan semua data aplikasi itu sendiri.

Ada beberapa proses yang mungkin menjadi pilihan Anda untuk meng-uninstall perangkat, berikut ini antara lain:

Alat-alat ini memiliki fungsi yang sama, dan proses penghapusan aplikasi dengan perangkat lunak hampir sama.

Prosesnya hampir sama:

  1. Pertama, unduh alat uninstaller yang Anda inginkan.
  2. Selanjutnya, instal aplikasi uninstaller sebagai aplikasi umum.
  3. Buka/jalankan software uninstaller yang sudah anda install.
  4. Pergi ke program penghapusan program.
  5. Cari aplikasi IDM di dalamnya, lalu pilih opsi Menghapus.
  6. Setelah itu Anda tinggal menunggu prosesnya selesai.
  7. Restart perangkat seperti biasa, setelah itu IDM akan terhapus beserta semua data aplikasi, termasuk file registrasi.
  8. Ini sudah berakhir.

Kata terakhir

Itu tadi pembahasan kami tentang cara menghapus IDM secara tuntas dari laptop atau komputer. Anda dapat menggunakan artikel ini sebagai panduan dan panduan saat membuka Internet Download Manager, agar semuanya berjalan lancar dan efisien.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-uninstall-idm/