Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menampilkan / Menambahkan Widget ke Windows 10

Widget adalah fitur yang tersedia di Windows, dalam bentuk jendela kecil dengan layar informasi yang kuat di desktop Windows Anda. Pada layar desktop, terdapat papan khusus yang digunakan untuk menambahkan atau menampilkan widget di sana.

Widget di Windows diperkenalkan pada generasi Windows vista dan masih ada di Windows 10. Namun, di Windows 10 fitur widget sekarang dihapus, atau malah disembunyikan.

Namun dari segi tampilan, ada banyak widget keren di Windows 10 lho dan tentunya ada beberapa fungsi tambahan untuk setiap widget. Oke, karena widget Windows 10 disembunyikan oleh sistem, maka Anda harus menggunakannya secara manual agar dapat digunakan.

Menampilkan widget di desktop Windows 10 tidak terlalu sulit. Tapi, mungkin bagi yang belum tahu caranya pasti akan membutuhkan panduan. Jadi dalam artikel ini kami akan menunjukkan cara membuat widget Windows 10 dengan mudah.

Namun, sebelum Anda masuk ke proses melakukannya, Anda harus memastikan bahwa versi OS Windows Anda diperbarui, dan Anda memiliki koneksi internet. Jika sudah, silahkan lihat review di bawah ini untuk menampilkan widget Windows.

Dengan Rainmeter

Anda dapat menggunakan alat pertama ini untuk menginstal widget di Windows Anda. Alat ini juga sangat populer dan banyak digunakan mulai dari versi Windows 7. Ada banyak jenis widget yang disediakan oleh alat ini, dan Anda tinggal memilih yang Anda inginkan.

Berikut cara menampilkan widget menggunakan Rainmeter:

  1. Pertama, cabut perangkat Rainmeter terlebih dahulu.
  2. Setelah itu silahkan apply seperti biasa.
  3. Juga, jika perangkat telah selesai diinstal, silakan buka.
  4. Setelah aplikasi dibuka, widget Rainmeter biasa akan otomatis menampilkan Windows 10 di layar.
  5. Ini sudah berakhir.

Widget reguler berikut muncul segera setelah instalasi:

  • Pengukur CPU
  • Pengukur Jaringan
  • penggunaan RAM
  • Disk dan Kalender

Selain widget biasa yang disebutkan di atas, ada banyak widget yang bisa Anda gunakan atau buat. Nah, untuk membuat widget sendiri, Anda bisa mengunjungi situs resmi Rainmeter dengan seni atau widget kustom mereka. Situs web resminya adalah rainmeter.net/discover/.

Melalui Toko Microsoft

Selain menggunakan alat Rainmeter, ditemukan bahwa toko Microsoft menawarkan widget yang dapat Anda gunakan. Microsoft Store tidak hanya menawarkan pilihan fitur yang dapat Anda instal, tetapi juga berbagai widget yang dapat Anda gunakan.

Di Microsoft Store terdapat beberapa pilihan widget dari yang gratis hingga yang berbayar. Berikut beberapa yang gratis:

  • Jam
  • Hati-hati
  • Kalender
  • Cuaca
  • Panas
  • Dan lain-lain

Memasang widget sangat mudah. Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, buka mesin pencari Windows.
  2. Selanjutnya, ketik Toko Microsoft lalu Masuk.
  3. Jika ya, maka Anda akan dibawa ke halaman toko Microsoft. Nah, pada bagian ini, silahkan cari widget yang ingin digunakan dengan menggunakan kolom pencarian.
  4. Misalnya, di sini saya mencari widget Jam Desktop dan hasilnya muncul seperti gambar dibawah ini.
  5. Setelah menemukannya, ketuk widget dan pilih kenya.
  6. Tunggu hingga proses selesai, setelah itu widget akan muncul di layar pertama komputer Anda.

Dengan Paket Gadget

Penyedia widget paling tidak populer di Windows 10 adalah Paket Gadget. Anda dapat menggunakan alat Paket Gadget ini di OS Windows 8 ke atas. Widget yang disediakan oleh perangkat ini sangat berbeda, dan Anda dapat menggunakannya secara gratis.

Berikut cara menambahkan widget menggunakan Gadget Pack

  1. Pertama-tama silahkan download tool Gadget Pack terlebih dahulu.
  2. Setelah Anda mengunduh Gadget Pack, silakan instal alat seperti yang Anda lakukan pada aplikasi lainnya.
  3. Jika sudah, silahkan buka dan jalankan tool Gadget Pack.
  4. Kemudian di halaman rumah Anda, Anda akan disajikan dengan beberapa widget yang muncul.
  5. Silakan pilih daftar widget yang ingin Anda tampilkan di layar dengan menekan tombol (+) dan seret ke layar desktop Windows Anda.
  6. Ini sudah berakhir.

Dengan Alat Widget Lainnya

Tentunya selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, masih banyak fitur lain yang bisa digunakan untuk mengintegrasikan widget ke layar komputer Anda. Ada begitu banyak pilihan yang tersedia untuk Anda coba, dan tentu saja setiap widget widget akan unik dan unik.

Berikut ini adalah saran untuk menambahkan widget:

  • Alat Desktop Windows
  • Widget HD
  • JendelaBlind
  • Winaero Tweaker
  • Dan banyak perangkat serupa lainnya

Kemudian untuk pemasangan widgetnya, langkah-langkahnya hampir sama dengan yang sudah kami jelaskan di atas. Dari rekomendasi tool widget diatas silahkan pilih dan coba sesuka anda.