Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 cara mematikan semua keyboard merk Laptop tanpa ribet

Keyboard adalah sebuah perangkat keras atau hardware laptop yang digunakan untuk memasukkan data berupa angka, huruf dan simbol. Secara umum, ada dua jenis keyboard, yaitu keyboard internal dan eksternal.

Kedua jenis keyboard tersebut memiliki fungsi yang sama, namun terkadang sebagian besar pengguna laptop lebih memilih menggunakan keyboard eksternal daripada keyboard internal. Entah alasannya karena kenyamanan atau karena keyboard internalnya rusak atau salah.

Sebenarnya, saya pribadi merasa nyaman menggunakan keyboard eksternal, terutama saat saya menggunakannya mesin keyboard terasa sangat stabil. Karena itu, saya matikan laptop untuk sementara waktu, karena takut tidak sengaja ditekan, terutama jika ada sesuatu di keyboard laptop.

Cara mematikan keyboard laptop

Untuk mematikan keyboard di laptop Anda, ada beberapa opsi yang bisa Anda gunakan. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah kami cantumkan di bawah ini. Anda dapat menggunakan cara ini tanpa menggunakan alat tambahan atau dengan menggunakan alat tambahan.

Jadi, silahkan baca ulasan berikut ini sampai habis!!

Menggunakan Kunci Keyboard

Hal pertama yang harus dicoba untuk mematikan keyboard pada laptop adalah dengan menggunakan tombol keyboard yang ada, yaitu. tombol kinerja. Tombol ini biasanya memiliki logo keyboard dan biasanya tersedia antara F1 dan F12.

Silakan coba lihat tombol di laptop Anda. Kemudian, untuk mematikan keyboard laptop Anda perlu menekan tombol mix Fn + Kunci Keyboard. Namun tidak semua jenis laptop memiliki tombol ini, jadi jika laptop Anda tidak memiliki tombol ini, silahkan lewati langkah pertama ini.

Oleh Pengelola Perangkat

Lanjutkan dengan cara kedua yaitu menggunakan Device Manager. Untuk mematikan keyboard menggunakan Device Manager ini, Anda perlu sedikit menurunkan fungsi driver keyboard. Caranya adalah dengan mengupgrade driver secara manual, kemudian menginstal driver yang tidak kompatibel dengan perangkat.

Jadi dengan cara ini keyboard tidak akan ditemukan dan fungsinya akan mati. Ya, untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan tekan tombol komponen Windows + R.
  2. Lalu menulis devmgmt.msc di bagian Buka.
  3. Anda kemudian akan menginstal halaman Device Manager. Silahkan klik Papan ketik.
  4. Kemudian keyboard yang ditemukan di perangkat Anda akan muncul. Biasanya untuk laptop, keyboard biasa disebut Papan ketik PS/2 standar.
  5. Silakan klik kanan pada driver dan pilih opsi Tingkatkan driver.
  6. Setelah itu akan muncul jendela baru, silahkan pilih bagian tersebut Cari komputer saya untuk driver.
  7. Selanjutnya, klik Biarkan saya memilih dari daftar driver yang tersedia di komputer saya untuk memilih driver.
  8. Tolong hapus bagian itu Menghasilkan perangkat keras yang kompatibel.
  9. Selanjutnya, pilih driver dari daftar, Anda bebas memilih driver utama, bukan driver yang kompatibel dengan perangkat Anda. Lalu klik Berikutnya.
  10. Setelah memilih, akan muncul jendela konfirmasi, silakan pilih Ya.
  11. Ini sudah berakhir.

Ingat, mode ini akan menonaktifkan keyboard untuk sementara, dan jika laptop Anda direset, driver akan kembali ke posisi semula, dan keyboard akan berfungsi kembali. Kemudian, jika Anda tidak ingin drivernya sama seperti sebelumnya, silakan matikan perangkat Anda secara otomatis.

Jika Anda ingin mematikan pembaruan driver itu berarti Anda akan dapat mematikan fungsi keyboard selamanya. Caranya, simak ulasannya di bawah ini!

Menggunakan Editor Kebijakan (Permanen)

Cara berikut dapat menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi secara permanen, dan ketika laptop restart, driver tidak akan dapat menginstal ulang secara otomatis. Metode ini cocok bagi mereka yang ingin memanfaatkan sepenuhnya keyboard eksternal.

Untuk mematikan keyboard di laptop secara permanen, berikut ini caranya:

  1. Pertama, buka jendelanya Lari dengan menekan tombol campuran Windows + R pada keyboard.
  2. Lalu menulis gpedit.msc di bagian Buka, sekarang Memasuki.
  3. Jika demikian, silakan kunjungi Konfigurasi Komputer ebe Template Manajemen ebe Pengelolaan.
  4. Kemudian pergi ke Digunakan di Kenya ebe Pembatasan pemasangan peralatan.
  5. Cari Hindari menginstal alat yang tidak ditentukan oleh pengaturan kebijakan lainnya lalu klik dua kali item tersebut untuk membuka pengaturan.
  6. Selanjutnya, setelah jendela pengaturan muncul, ubah opsi menjadi Diizinkan.
  7. Lalu klik Nyatakan sebuah harapan lalu pilih Oke.
  8. Terakhir silahkan ulangi langkah sebelumnya yaitu dengan Device Manager.
  9. Ini sudah berakhir.

Hal lain yang dapat Anda coba untuk mencegah penginstalan driver itu sendiri adalah dengan menghapus driver reguler laptop Anda, seperti di atas. Karena driver keyboard bawaan tidak lagi tersedia, keyboard di laptop tidak akan berfungsi lagi.

Menggunakan Loker Keyboard

Bagi yang ingin menggunakan fitur lain untuk mengunci keyboard, Anda juga bisa menggunakan tool Keyboard Locker. Secara umum, fungsi Keyboard Locker adalah untuk mengunci sementara akses Anda ke keyboard Anda, dan prosesnya tidak sulit.

Berikut cara menggunakan alat Keyboard Locker:

  1. Pertama, Anda perlu mengunduh alat Keyboard Locker terlebih dahulu. Anda dapat mengunduhnya di sini.
  2. Setelah download selesai, silahkan download file tadi, dan install filenya KeyboardLocker.exe seperti pelaksanaan operasi pada umumnya.
  3. Setelah proses selesai, ikon keyboard kecil akan muncul di baki sistem (di sudut kanan bawah). Ini menunjukkan bahwa kunci keyboard berfungsi.
  4. Kemudian, Untuk mengunci keyboard laptop, silakan tekan tombol komponen Ctrl + Alt + L. Setelah itu, logo keyboard di system tray akan berubah. Ini berarti keyboard Anda terkunci.
  5. Proses membukanya sangat sederhana, Anda hanya perlu mengetik Membuka kunci pada keyboard Anda. maka keyboard yang terkunci akan terbuka secara otomatis.

Cara menginstal ulang Keyboard

Jadi, bagaimana Anda bisa membuat keyboard dinonaktifkan secara permanen? Jawabannya adalah Anda harus mengaktifkan pengoperasian driver keyboard laptop yang sebelumnya telah Anda nonaktifkan. Sederhananya, Anda hanya perlu mengembalikan driver ke Device Manager ke rutinitasnya, mis. Papan ketik PS/2 standar.

Cara membuatnya sebenarnya masih sama seperti yang sudah kami jelaskan di artikel kedua. Anda tinggal mengulangi langkah-langkahnya dan ketika memilih driver yang tidak sesuai, harap sesuaikan langkah-langkahnya dengan memilih driver Papan ketik PS/2 standar.

Dengan cara ini, perangkat Anda akan mendeteksi dan menginstal driver keyboard itu sendiri di laptop Anda, dan Anda juga dapat menggunakan keyboard internal.

Kata terakhir

Itulah tadi pembahasan tentang cara mematikan keyboard laptop. Tentu masih ada beberapa cara yang bisa Anda coba saat menggunakan aplikasi pihak ketiga, namun menurut kami cara di atas sudah cukup untuk mematikan keyboard laptop.

Semoga artikel ini bermanfaat!!

Sumber Artikel: https://www.neotekno.com/cara-mematikan-keyboard-laptop/