Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup


Bagaimana cara mengatasi motor tidak bisa hidup walaupun sudah distarter berkali-kali, bahkan dengan kick starter? Sebelum terburu-buru membawa ke bengkel, Sampean perlu tahu dari mana sumber masalahnya.

kelasmekanik


Kesulitan untuk menyalakan kendaraan paling sering terjadi pada pagi hari dan bisa terjadi pada siapa saja. Apalagi jika Sampean terburu-buru harus berangkat ke kantor tepat waktu. Karena kendaraan sulit untuk dinyalakan akhirnya terlambat untuk berangkat kerja.

Sampean sebagai empunya kendaraan harus tahu penyebab dan cara memperbaikinya, tak selalu harus dibawa ke bengkel. Ada beberapa cara alternatif yang cukup efektif untuk mengatasi motor yang sulit dihidupkan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

Ada penyebab ada solusi, motor yang tak mau hidup bisa disebabkan oleh beberapa masalah pada komponennya. Inilah yang harus diteliti kembali oleh empunya motor sehingga tidak salah dalam memperbaikinya.

Ada beberapa penyebab yang perlu diperhatikan dan dicek sebagai berikut:


   1. Aki bermasalah

Masalah yang paling umum terjadi pada motor adalah aki, baik itu motor injeksi, bebek ataupun skuter. Aki adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan serta menyuplai listrik yang salah satu tujuannya untuk menyalakan mesin.

Apabila tegangan dari aki tersebut kurang, maka kinerja komponen elektronik pada motor lainnya juga menurun termasuk starter mesin. Untuk tahu apakah kualitas aki menurun bisa dilihat dari lampu yang redup dan klakson yang tidak berbunyi.

Aki yang lemah tidak hanya menimbulkan masalah pada sistem starter, tetapi juga kick starter. Besaran tegangan 12 volt adalah yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin, jika berkurang maka putaran pada starter lambat.

Ada dua cara mengatasinya, yang pertama adalah menggunakan kick starter sampai 450 RPM. Jika kurang, motor tetap tidak akan menyala. Solusi kedua adalah dengan mengecek apakah pengisian listrik ke aki sistemnya berjalan lancar.

Ketika terjadi kerusakan pada bagian tersebut, maka aki akan drop dan suplai listrik tidak stabil. Sampean perlu mengganti dengan aki baru jika sudah tidak mampu lagi menyimpan listrik dalam daya yang dibutuhkan. 


    2.Terjadi korsleting

Penyebab lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah ketika terjadi korslet pada sistem starter. Korsleting ini terjadi karena letak dari logam mesin dan terminal starter yang berdekatan.

Cara mengetahui ketika terjadi korslet pada bagian ini adalah dengan mengamati apakah terdapat bekas terbakar. Biasanya starter akan langsung mati, sehingga ketika ditekan tidak menimbulkan reaksi apapun.

Solusi yang tepat ketika terjadi korsleting adalah dengan membuka sistem starter dan membersihkan kerak akibat korslet. Kerak ini biasanya berwarna hitam seperti terbakar.

Pasang kembali komponen sekring pada posisinya namun tidak berdekatan, atau bisa diganti dengan yang baru. Sampean juga bisa menambahkan penyekat untuk mencegah tidak terjadi korsleting kembali.


    3.Kerusakan pada busi

Busi adalah komponen paling penting pada motor dalam sistem pengapian. Penyebab kerusakan pada busi bisa karena usia, sehingga pembakaran tidak memiliki api yang optimal. Api yang keluar dari busi sangat kecil bisa jadi masalahnya.

Cara mengatasi motor tidak bisa hidup karena masalah busi adalah memeriksa kondisi fisiknya. Lepaskan busi dari motor dan amati permukaannya. Jika tampilannya hitam pekat atau celahnya sudah longgar, maka Sampean harus menggantinya.

Biasanya busi adalah komponen yang cukup sering untuk diganti dengan yang baru. Kabel busi juga salah satu bagian yang jadi penghubung antara cop busi dan coil yang bisa jadi penyebabnya.

Karena kabel rusak, maka menimbulkan tegangan yang masuk ke busi akan berkurang. Apabila terjadi hambatan yang melonjak, maka listrik yang dialirkan semakin kecil. Api busi tidak menyala dan motor tidak bisa dihidupkan.

Jika yang rusak ternyata adalah kabel busi, maka Sampean harus mengukur tahanan busi terlebih dahulu dengan ohm meter. Apabila angka menunjukan lebih dari 25 ohm, maka kabel busi perlu diganti. Jika angka tidak berlebih, maka tidak ada masalah pada bagian tersebut.


    4.Kerusakan pada relay starter

Bagian motor yang bisa rusak sehingga motor tak hidup lainnya adalah relay starter. Komponen ini memiliki fungsi mengalirkan arus utama dari aki ke bagian motor starter.

Bagian ini cukup sering jadi penyebab utamanya motor tak bisa hidup. Posisi dari relay sendiri ada di antara aki serta motor starter. Ketika rusak tak ada sumber listrik yang dialirkan pada aki.

Cara mengatasi motor tidak bisa hidup karena relay starter adalah menggantinya dengan yang baru. Sampean bisa mengetes terlebih dahulu kemampuan fungsinya dengan menekan relay dan mencoba starter bersamaan. Apabila muncul ketukan, tSampeannya relay masih normal.


    5.Masalah pada karburator

Pada motor injeksi, karburator memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar serta udara ke silinder mesin. Apabila terjadi kerusakan pada bagian ini, maka pasokan bahan bakar tidak sempurna

Cara mengatasinya adalah dengan memeriksa tekanan bahan bakar terlebih dahulu. Sampean bisa membuka karburator dengan memutar serta menyetelnya. Cukup putar searah jarum jam dan putar lagi berlawanan arah.

Apabila yang terjadi adalah masalah banjir, maka Sampean perlu mengeluarkan bahan bakar yang tersimpan di dalamnya. Kemudian nyalakan kembali motor dengan kick starter. Dilakukan terus sampai mesin menyala.


    6.Bahan bakar tidak turun

Apabila dilihat dari komposisinya, posisi dari tangki bensin lebih tinggi dibandingkan karburator. Jika karburator tidak terjadi masalah, mungkin saja terjadi pada bagian selangnya. Posisi dari tangki tinggi sebenarnya memudahkan agar bensin turun ke mesin.

Hanya saja  kesalahan sering terjadi pada bagian selang tersebut, entah itu mampet atau motor jarang dipakai. Karena motor jarang digunakan, maka aliran bahan bakar pada selang tersebut bisa saja mengering.

Akibatnya motor tidak akan menyala sesering apapun Sampean menekan starter. Cara mengatasi motor tidak bisa hidup karena masalah ini adalah dengan  melepaskan selang radiator. Lepaskan dari klem dan biarkan sampai bensin mengalir turun.

Apabila sudah terlihat aliran bensin, Sampean bisa menyalakan motor kembali. Cobalah dengan kick starter.

Baca juga : Pengetahuan Level Oli pada Mesin


    7.Tekanan kompresi bermasalah

Penyebab motor tidak hidup berikutnya bisa disebabkan oleh masalah pada tekanan kompresi. Biasanya hal ini paling sering terjadi di pagi hari setelah mesin motor dingin karena semalaman tidak digunakan.

Mesin memerlukan tekanan kompresi supaya gas mudah terbakar dan motor akan menyala. Tekanannya pun harus sama dengan tenaga yang dikeluarkan. Ketika kompresinya tidak seimbang, maka mesin tidak bisa menyala.

Cara mengeceknya adalah dengan membuka busi, kemudian tutup lubang busi menggunakan jari. Coba untuk mematikan kontak motor dan gunakan starter engkol. Apabila tidak ada tekanan saat menyalakan, maka ada masalah.

Jika memang ini adalah masalahnya, Sampean harus segera pergi ke bengkel resmi Suzuki untuk memperbaikinya. Karena tekanan yang hilang bisa disebabkan oleh beberapa komponen yang bermasalah seperti ring piston yang aus atau cylinder aus.

Mengecek motor yang tidak bisa hidup harus dilakukan satu per satu agar tahu manakah yang jadi penyebab utamanya. Jadi jika Sampean mengalami kesulitan menyalakan kendaraan, cobalah untuk meneliti bagian-bagian ini.

Dari www.kelasmekanik.com