Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Work Order (WO) Management System

Work Order (WO) adalah perintah atau pendekatan sistematis untuk memproses dan menyelesaikan p pekerjaan pemeliharaan secara tepat waktu untuk meminimalkan waktu down time. WO dikeluarkan oleh planner melalui supervisi mekanik untuk kemudian didistribusikan kepada mekanik. Kemudian pelaksanaan kerja tergantung pada ketersediaan komponen pendukung pemeliharaan lain seperti aset, suku cadang, mekanik, dan budget.

WO sangatlah penting untuk proses maintenance alat mulai dari permintaan perbaikan, pengadaan suku cadang, record, hingga penyelesaian pekerjaan.
WO ada yang dilakukan secara hard copy dan ada juga yang bisa dilakukan secara online atau soft copy menggunakan aplikasi dan database sistem. Semua memiliki kelemahan dan kelebihan masing masing.


WO management yang menggunakan hard copy atau tradisional, maintenance team menjalankan WO management dengan berbasis kertas untuk mengkomunikasikan penugasan kerja. Meskipun WO sendiri mungkin mudah dibuat dengan tangan, pengelolaan WO berbasis kertas membutuhkan banyak tenaga dan sering kali menimbulkan lebih banyak masalah daripada penyelesaian. Misalnya, team maintenance harus menafsirkan tulisan tangan yang buruk dan sulit dipahami atau, yang mengarah ke dokumentasi yang salah dan tidak tepat. Salinan fisik bisa jadi salah tempat dan hilang, yang mengakibatkan pemeliharaan yang terlewat dan tidak teratur. Tumpukan kertas membuat lemari arsip dan meja penuh yang bisa jadi berantakan dan kurang space atau tidak rapi, sehingga sulit untuk menemukan riwayat WO jika akan mencari kembali.


Saat ini beberapa team maintenance telah menggunakan WO management berbasis spreadsheet, tetapi sistem ini memiliki keterbatasannya sendiri. Spreadsheet hanya dapat dimodifikasi oleh satu orang dalam satu waktu saja, sehingga menyulitkan teknisi atau planner atau pihak terkait untuk melihat informasi terbaru. Perintah kerja yang dihasilkan oleh software spreadsheet masih harus dicetak. Menggunakan perangkat lunak spreadsheet mungkin bisa jadi sedikit memberatkan team maintenance khususnya tram planning.


Seiring dengan pertumbuhan waktu dan teknologi, metode WO management saat ini telah hadir dalam system online yang dapat diakses siapa saja dan dimana saja bagibpihak yang memiliki akses. Hal ini akan lebih memudahkan dan membuat pekerjaan maintenance lebih efektif dan efesien. Management WO secara systematis dan online  ini lazim kita sebut sebagai computerized maintenance management system (CMMS).


Yuk kepoin tips dan trik KelasMekanik lainnya di Google news